Comscore Tracker

Baru 22 Persen Millennial yang Gunakan Internet Banking

Padahal 90 persen millennial sudah punya rekening bank

Surabaya, IDN Times - Akses keuangan digital pada generasi muda ternyata masih menjadi tantangan bagi pemerintah. Dalam laporan terbaru Indonesia Millennial Report 2022, sebanyak 90 persen kalangan millennial mengaku memiliki rekening bank. Sayangnya, dari jumlah tersebut hanya 22 yang menggunakan layanan internet banking.

Baca Juga: Jadwal IMGS 2022 Hari Pertama Hadirkan Banyak Sesi Inspiratif

1. Hanya 11 persen millennial yang memiliki rekening bank digital

Baru 22 Persen Millennial yang Gunakan Internet Bankingilustrasi digital (IDN Times/Aditya Pratama)

Jumlah ini bisa saja lebih besar karena survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute ini hanya menyasar millennial  yang tinggal di perkotaan seperti Jabodetabek, Surabaya, atau Makassar.

"Hanya 11 persen millennial yang memiliki rekening bank digital. Jenius, satu
salah satu bank digital pertama yang diluncurkan di Indonesia, adalah yang terbanyak bank digital yang digunakan," tulisan laporan tersebut. Laporan ini menjadi penanda bahwa inklusi keuangan, khususnya akses keuangan digital di Indonesia perlu ditingkatkan.

Laporan ini sendiri akan dipaparkan dalam Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media. Acara dengan tema Indonesia Fast Forward ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022.

2. Pengguna keuangan digital meningkat selama pandemik

Baru 22 Persen Millennial yang Gunakan Internet Banking(IDN Times/Aditya Pratama)

Meski begitu, adanya pandemik yang membuat potensi tatap muka lebih minim membuat laju inklusi keuangan di negara ini ikut meningkat. "Banyak orang menggunakan dompet digital atau mobile banking untuk transaksi non tunai.

Tak cuma rekening bank digital, kepemilikan kartu kredit di kalangan millennial juga masih cukup rendah. Laporan itu menyebut bahwa hanya 15 persen millennial yang memiliki kartu kredit. Dari jumlah itu, BCA menjadi favorit layanan kartu kredit bagi para millennial dengan persentase (9 persen) mengungguli BRI (6 persen), BNI (6 persen), Mandiri (5 persen), dan CIMB Niaga (3 persen).

3. IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang

Baru 22 Persen Millennial yang Gunakan Internet BankingIndonesia Gen Z Report (dok. IMGS 2022)

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.  Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia. Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa. Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Ini 3 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya