Comscore Tracker

Cabai Besar Masih Mahal, Asosiasi: Stoknya Sedikit

Tapi Pemprov sebut stoknya surplus

Surabaya, IDN Times - Harga cabai rawit memang menunjukkan tren menurun. Namun berbeda dengan harga cabai besar. Komoditas ini justru belum mengalami peningkatan harga. Sejumlah faktor mempengaruhi masih mahalnya cabai besar.

1. Harga cabai besar masih Rp84 ribu, termahal tembus Rp101 ribu per kg

Cabai Besar Masih Mahal, Asosiasi: Stoknya Sedikitpexels.com/cottonbro

Berdasarkan data Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim per 20 Juli 2022, harga rata-rata cabai merah besar biasa Rp84.226 per kilogram (kg). Harga rata-rata tertinggi Rp101.250 per kg di Kota Batu dan terendah Rp70.000 per kg di Situbondo.

Wakil Ketua Asosiasi Agribisnis Cabai Indonesia (AACI) Jatim, Nanang Triatmoko mengatakanz harga cabai besar di tingkat petani mencapai Rp68.000 – Rp72.000 per Kg. Menurutnya naiknya harga cabai besar ini disebabkan karena stoknya yang sedikit.

"Berbeda dengan rawit, cabai besar stoknya masih terbatas," ujarnya.

2. Harga cabai besar diprediksi turun 2 bulan lagi

Cabai Besar Masih Mahal, Asosiasi: Stoknya SedikitCabai besar di pasar citra niaga Jombang.IDN Times/Zainul Arifin

Harga cabai besar, sambung Nanang, masih akan bertahan di kisaran harga tersebut. Berdasarkan prediksi dari AACI Jatim, harga cabai besar kemungkinan besar belum bisa turun dalam waktu dekat seperti halnya harga cabai rawit yang sudah mengalami penurunan harga.

“Tingginya harga cabai, baik yang besar ini kemungkinan masih berlangsung lama yakni hingga 1,5 hingga 2 bulan kemudian,” kata Nanang.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Setara Daging Sapi 

3. Pemprov klaim stok cabai besar surplus

Cabai Besar Masih Mahal, Asosiasi: Stoknya SedikitPetani cabai. Rahmad/ANTARA FOTO

Berbeda dengan Nanang, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim, Hadi Sulistyo mengatakan hasil produksi cabai besar di Jatim bulan Juni 2022 yakni 5.769 ton dengan luas tanam 245 hektare. Kemudian hasil produksi cabai rawit di Jatim 6.520 ton dengan luas tanam 812 hektare.

“Stok cabai di Jatim masih surplus,” katanya singkat.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Mulai Turun, Berpotensi Anjlok 4 Bulan Lagi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya