Comscore Tracker

Andalkan Gunung Lawu, Ini Destinasi Wisata Alam di Magetan

Mayoritas di lahan milik Perum Perhutani

Magetan, IDN Times – Sebagian wilayah di Kabupaten Magetan berada di Lereng Gunung Lawu. Kondisi geografis ini menjadi nilai lebih bagi daerah setempat. Salah satunya di bidang pariwisata. Sejumlah lokasi menjadi jujugan pelancong untuk melepas penat sembari menikmati sejuknya udara dan eksotisnya pemandangan.

Berikut destinasi wisata alam di Kabupaten Magetan.

1. Telaga Sarangan

Andalkan Gunung Lawu, Ini Destinasi Wisata Alam di MagetanSuasana libur Tahun Baru 2022 di Telaga Sarangan, Kabupaten Magetan. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Destinasi wisata ini menjadi andalan Kabupaten Magetan. Sebab, banyak dikunjungi para pelancong dari sejumlah daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan DKI Jakarta. Mereka dapat menikmati keindahan alam di Telaga Sarangan dengan sejumlah fasilitas yang tersedia.

Untuk mengelilingi telaga dengan luas sekitar 30 hektare, misalnya, dapat ditempuh dengan naik kuda. Para penyedia jasa di sana akan mengatar pengunjung melalui jalan darat. Selain itu, wisatawan juga dapat memutari telaga dengan naik kapal boat.

Di lokasi itu juga tersedia kuliner khas, seperti sate kelinci dan jagung bakar. Makanan ini dapat melengkapi wisata Anda saat menikmati suasana pegunungan. Bagi yang ingin bermalam, maka bisa juga menyewa hotel maupun home stay yang juga banyak dibuka di sana.

Baca Juga: Libur Tahun Baru, 9.000 Pelancong Datangi Telaga Sarangan

2. Mojosemi Forest Park

Andalkan Gunung Lawu, Ini Destinasi Wisata Alam di MagetanPengunjung Mojosemi Forest Park, Kabupaten Magetan memerhatikan dinosaurus yang tersedia di salah satu wahana di sana. instagram.com/mojosemiforestpark

Selain itu, destinasi wisata lain yang layak dikunjungi di Magetan adalah Mojosemi Forest Park. Di lokasi yang berada di kawasan hutan milik Perum Perhutani ini menyediakan sejumlah wahana petualangan. Ini seperti flying fox dan high rope adventure.

Selain itu, untuk menjelajahi hutan dapat dilakukan dengan naik kuda, naik ATV atau tur dengan mobil jeep. Dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan pihak pengelola itu, maka liburan Anda bersama keluarga akan lebih berkesan.

Apalagi, petualangan masa lampau juga dapat dinikmati. Sebab, pihak pengelola juga membuka wahana Dinosaurus Park di Mojosemi Forest Park. Di sana, para pelancong juga dapat berburu hewan purba buatan tersebut.

Baca Juga: Anak Muda Asal Magetan Siap Bersaing di CEV MotorLand Aragon Spanyol 

3. Taman Wisata Genilangit

Andalkan Gunung Lawu, Ini Destinasi Wisata Alam di MagetanPengunjung Taman Wisata Genilangit, Kabupaten Magetan sedang berfoto dengan background dan berpakaian khas Jepang yang disediakan di sana. instagram.com/tamanwisatagenilangit

Destinasi wisata ini awalnya hanya sekadar memberikan ruang selfie bagi pengunjung. Untuk mengabadikan momentum liburan di tempat ini, pihak pengelola dari desa menyediakan background dan pakaian ala Jepang.

Namun, seiring berjalannya waktu pihak pengelola juga menambah fasilitas lain, seperti sepeda udara dan berkuda. Fasilitas yang tersedia dapat menambah keseruan berwisata di lokasi yang masih masuk wilayah kerja KPH Lawu DS ini.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Paling Populer di Magetan, Indahnya Bikin Terpana

4. Cemoro Sewu

Andalkan Gunung Lawu, Ini Destinasi Wisata Alam di MagetanJalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu. Nofika

Masih di kawasan Gunung Lawu. Lokasi wisata satu banyak dikunjungi para pecinta alam yang hendak mendaki gunung. Cemoro Sewu merupakan salah satu jalur utama menuju puncak selain Cemoro Kandang di wilayah Kabupatan Karanganyar, Jawa Tengah.

Meski sebagian besar yang datang ke Cemoro Sewu pendaki, namun tak jarang dari wisatawan yang hanya ingin camping di pos pertama jalur pendakian di Kabupaten Magetan ini. Di tempat itu pula, para pengunjung dapat menikmati wedang uwuh yang dapat menghangatkan badan.

Baca Juga: Layani Rute Wisata Magetan-Pacitan, Catat Jadwal Keberangkatan DAMRI

5. Kebun Stroberi

Andalkan Gunung Lawu, Ini Destinasi Wisata Alam di MagetanKebun Stroberi Sarangan, Magetan.instagram.com/wisatamagetan

Selain dinginnya hawa Gunung Lawu dan pemandangan alam, Magetan juga memikat pengunjung dengan bertani. Para pelancong dapat merasakan sensasi memetik buah stroberi di kebun yang berada di tepi jalan utama menuju Telaga Saragan.

Di tempat ini, pengunjung dapat memakan buah stroberi sepuasnya di tempat. Mereka baru ditarik biaya ketika hendak membawa pulang buah dari hasil petikannya sendiri. Adapun harganya lebih mahal dibandingkan di pasarasan, sebab kebun ini ‘menjual’ sensasi petik sendiri.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya