Profil Julian Guevara Singa Baru Arema FC, Kenalan Yuk!

Bukan pemain sembarangan

Arema FC sibuk merubah skuad kedalaman pemain pada jeda kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka melakukannya dengan melepas pemain serta merekrut pemain baru. Sejauh ini, Singo Edan telah memilih satu nama untuk jadi rekrutan baru mereka.

Ia adalah Julian Guevara, pemain asal Kolombia. Pemain berusia 31 tahun itu baru diboyong Arema FC dari klub domestik, Jaguares de Cordoba. Julian berhasil didatangkan secara gratis oleh Arema. Yuk, kenalan lebih dalam dengan sosok Julian Guevara!

1. Bukan pemain sembarangan di Liga Kolombia

Profil Julian Guevara Singa Baru Arema FC, Kenalan Yuk!Julian Guevara (instagram.com/julianguevara92)

Julian Guevara merupakan pemain yang biasa bermain di posisi gelandang bertahan. Bahkan, berkat keterampilan yang mumpuni, ia bisa berperan sebagai stopper pula. Julian adalah pemain yang mempunyai keistimewaan.

Julian sendiri merupakan pemain jebolan dari tim raksasa Kolombia, CD America de Cali. Ia lumayan lama mengabdi bareng tim yang mengoleksi 15 trofi Liga Kolombia itu. Secara statistik, Julian sudah mengemas 18 penampilan dengan 1 assist bagi CD America.

Baca Juga: Arema FC Perkenalkan Gelandang Bertahan Baru

2. Pernah merumput di Eropa

Profil Julian Guevara Singa Baru Arema FC, Kenalan Yuk!Julian Guevara (instagram.com/julianguevara92)

Setelah membela CD America, Julian Guevara lalu mencari tantangan baru di Eropa. Ia pertama kali melakukannya dengan bermain di kasta teratas Liga Malta pada 2016. Julian menjadi salah satu bagian dari Naxxar Lions FC kala itu.

Kemudian, Julian merantau ke negara Benua Biru lain pada 2017. Ia pernah memperkuat dua klub di Liga Finlandia, PS Kemi Kings (divisi ketiga) dan FC Inter Turku (divisi pertama). Julian berkarier di negara Eropa bagian utara itu hingga 2018 silam.

3. Membukukan statistik mentereng pada 2022/2023

Profil Julian Guevara Singa Baru Arema FC, Kenalan Yuk!Julian Guevara (instagram.com/julianguevara92)

Julian Guevara selanjutnya pulang ke Kolombia lagi usai berkiprah di Finlandia pada 2019. Kali ini, nasibnya terbilang lumayan apik. Julian menjadi andalan sejumlah tim di kasta tertinggi Liga Kolombia, seperti CD America, Deportivo Pasto, Delfin SC, Alianza Petrolera, dan Jaguares FC.

Jaguares adalah klub terakhir Julian di Liga Kolimbia 2022/2023. Meski akhirnya berpisah, ia meninggalkan catatan impresif selama di sana. Tercatat, Julian meraup 3.216 (dalam 43 laga) dengan 2 gol 1 assist bagi Jaguares di seluruh ajang domestik.

Torehan statistik Julian itu terbilang sangat ciamik bila dibandingkan pada musim 2021/2022. Bagaimana tidak, ia hanya menorehkan catatan 25 laga (1.502 menit) dengan 1 gol pada musim sebelumnya. Julian bermain tak lebih baik saat masih dipercaya Alianza Petrolera.

4. Disodori kontrak pendek, Arema FC kasih opsi perpanjangan

Profil Julian Guevara Singa Baru Arema FC, Kenalan Yuk!Julian Guevara (instagram.com/aremafcofficial)

Kompetisi 2022/2023 menjadi kiprah terakhir Julian Guevara di Kolombia. Lalu, ia memilih pindah ke luar negeri dengan membela Arema FC di Liga Indonesia 2023/2024. Julian hengkang secara cuma-cuma dari klub terakhirnya, Jaguares.

Arema sendiri memberikan durasi kontrak yang tak panjang kepada Julian. Dikutip situs resmi Arema FC, sang pemain hanya disodori kontrak setengah musim dengan opsi perpanjangan. Dengan begini, kontrak Julian akan berakhir pada akhir Liga 1 2023/2024.

5. Julian Guevara jadi suksesor Ichaka Diarra?

Profil Julian Guevara Singa Baru Arema FC, Kenalan Yuk!Julian Guevara (instagram.com/aremafcofficial)

Sejauh ini, kedatangan Julian Guevara masih memunculkan spekulasi. Ia akan menggantikan peran pemain asing Singo Edan yang mana nanti? Itu terjadi karena Arema belum memberikan informasi yang lebih spesifik.

Namun, bila diprediksi, kehadiran Julian akan menggeser posisi Ichaka Diarra. Sebab, bek asal Mali itu tampil tak sesuai ekspetasi di Liga 1 2023/2024. Ichaka baru membukukan catatan 10 penampilan dengan 694 menit bermain bagi Arema. Kini, perannya sampai diganti Charles Raphael yang notabene seorang gelandang jangkar.

Arema FC kemungkinan akan menduetkan Julian Guevara dengan gelandang top, Ariel Lucero, saat mengarungi sisa Liga 1 Indonesia 2023/2024. Akankah kehadiran sang pemain memberikan perubahan positif bagi Singo Edan?

Baca Juga: Arema FC Menginginkan Striker yang Pernah Bermain di Liga 1

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya