Comscore Tracker

4 Momen Persebaya 'Dikerjai' Wasit Selama Dilatih Aji Santoso

Yowes rapopo, Persebaya bolo Tuhan

Surabaya, IDN Times - Persebaya Surabaya memang sedang menjadi sorotan. Betapa tidak, dari empat laga perdana di Liga 1 2022, Bajul Ijo hanya mampu meraih 4 poin dari sekali seri, sekali menang dan dua kali kalah.  Selain, performa skuad yang belum maksimal, pendukung Persebaya, Bonek Mania juga menyoroti kinerja wasit. 

Entah kebetulan atau memang apes, Persebaya di bawah asuhan Aji Santoso memang kerap dirugikan oleh pengadil lapangan. IDN Times mencatat setidaknya ada empat momen Persebaya menjadi korban keteledoran pengadil lapangan. Berikut adalah rangkumannya.

1. Gol Jose Wilkson dianulir oleh wasit pada Liga 1 musim 2021 lalu

4 Momen Persebaya 'Dikerjai' Wasit Selama Dilatih Aji SantosoGol Jose Wilkson yang dianulir wasit saat bersua Persela. Vidio.com

Momen apes pertama dialami tim asuhan Aji Santoso pada musim lalu saat bersua Persela Lamongan, (21/10/2021) lalu. Kejadian itu bermula dari sebuah tendangan bebas yang dieksekusi oleh striker asal Brazil, Jose Wilkson. Tendangannya yang mengarah ke tengah gagal diantisipasi oleh penjaga gawang Persela, Dwi Kuswanto. Bola sempat menggelinding dan melewati garis gawang.

Namun, tangan kanan Dwi Kuswanto kembali meraih bola dan mengeluarkannya dari garis. Dari rekaman tayangan ulang, bola memang sudah melewati garis. Sayangnya, wasit Mustofa Umarella menganggapnya belum gol. Pemain Persebaya pun protes. Pertandingan sendiri berakhir dengan skor 1-1.  

2. Wasit mengesahkan gol offside Ivan Carlos

4 Momen Persebaya 'Dikerjai' Wasit Selama Dilatih Aji SantosoIvan Carlos saat masih berseragam Persela Lamongan di putaran pertama Liga 1 2021/22. (Instagram.com/perselafc)

Kejadian kontroversial kedua juga terjadi di pertandingan yang sama. Setelah Ricky Kambuaya mencetak gol pada menit ke-12, Persela menyamakan kedudukan pada menit ke-35 melalui striker plontos mereka, Ivan Carlos. Sayangnya, gol itu juga penuh perdebatan karena dianggap offside. 

Bahkan, Ivan Carlos sendiri mengakui bahwa gol yang dicetaknya adalah offside. "Ya, saya dalam posisi offside, tapi itu tadi salah wasit," ujar Ivan dalam instagram story miliknya usai pertandingan. Sementara, Aji Santoso pun mengaku geram dengan dua kesalahan wasit itu. Saat itu ia memprotes keputusan wasit Mustafa Umarella dan meminta agar Liga 1 menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR). Meski begitu, beberapa pengamat sepak bola juga sempat menganalis gol ini dan menyatakan gol ini bersih. 

3. Samsul Arif jelas-jelas dijegal, tapi tak penalti

4 Momen Persebaya 'Dikerjai' Wasit Selama Dilatih Aji SantosoSamsul Arif tidak melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Barito Putera. (Persebaya)

Persebaya kembali 'dikerjai' wasit saat melawan Madura United pada Senin (28/2/2022) lalu. Bukan gol offside atau anulir gol, kali ini wasit tak jeli dalam melihat pelanggaran. Momen itu terjadi kala striker mereka, Samsul Arif dijegal oleh bek Madura, M Fakhruddin pada menit ke-70 di kotak penalti. Dalam tayangan lambat, kaki Samsul jelas disapu oleh Fakhrudin. Namun, wasit Agus Fauzan bergeming.

Pelatih Aji Santoso dan beberapa pemain pun mencak-mencak. Bahkan, bek Persebaya, Alie Sessay yang ikut memprotes keputusan wasit malah mendapat kartu kuning. Beruntung, dalam pertandingan tersebut Persebaya unggul 2-1.

Tak cuma Aji, peristiwa itu bahkan mendapat respons dari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. “Tapi kalau pertandingan seperti ini, Manchester United mungkin juga akan frustasi,” ujar Eri dalam akun instagramnya.

Baca Juga: Main Malam Diprotes, PT LIB Geser Sore Home Persebaya

4. Gol Silvio Junior dianulir oleh wasit

4 Momen Persebaya 'Dikerjai' Wasit Selama Dilatih Aji SantosoSundulan Silvio Junior yang berhasil membobol gawang Madura United. (Persebaya)

Yang terbaru adalah dianulirnya gol milik Silvio Junior saat Persebaya menjamu Madura United dalam pertandingan, Minggu (14/8/2022) lalu. Gol sundulan pemain asal Brazil ini dianggap tak sah oleh wasit Sigit Budiyanto karena ada pelanggaran terlebih dahulu.

Gol itu sebenarnya bisa membuat Persebaya berbalik unggul karena sebelumnya Silvio juga baru saja menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Meski Persebaya kemudian sempat membalikkan skor menjadi 2-1, mereka harus kebobolan di menit akhir dan membuat pertandingan berakhir 2-2. Usai pertandingan, Aji Santoso mengaku mengecek rekaman. Hasilnya, ia menyebut bahwa gol Silvio bersih. 

 

Itu tadi 4 momen Persebaya 'dikerjai' wasit selama dilatih Aji Santoso. Selain Persebaya juga harus berbenah, semoga juga ada perbaikan kualitas pengadil lapangan ya.

Baca Juga: Main di GBT, Persebaya Gagal Menang dari Madura United FC

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya