Comscore Tracker

Penundaan Kompetisi, Ketua Panpel Arema FC Sebut Sebagai Langkah Bijak

Fokus atasi masalah Corona

Malang, IDN Times - Penyebaran Virus Corona berdampak pada berbagai macam bidang, termasuk olahraga. Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 untuk sementara dihentikan hingga waktu yang belum ditentukan. Event olahraga lain seperti Indonesian Basketball League (IBL) juga mengambil langkah serupa. Begitu juga turnamen bulutangkis Indonesia Open yang juga akan ditunda karena Virus Corona. Meskipun berat namun keputusan tersebut dinilai merupakan yang terbaik untuk menghindari ancaman yang lebig besar. 

1. Penundaan Liga 1 langkah terbaik

Penundaan Kompetisi, Ketua Panpel Arema FC Sebut Sebagai Langkah BijakPenampilan Arema FC terus mengalami peningkatan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris pun mengapresiasi keputusan tersebut. Menurutnya, kebijakan itu merupakan langkah tepat yang diambil oleh federasi dan operator kompetisi.

"Kami memahami bahwa penundaan ini untuk memutus penyebaran virus corona. Ini langkah yang tepat dan semua harus turut berjuang untuk menghentikan penyebaran Virus Corona," bebernya Rabu (25/3).

2. Keselamatan masyarakat jauh lebih penting

Penundaan Kompetisi, Ketua Panpel Arema FC Sebut Sebagai Langkah BijakVictor Igbonefo berebut bola dengan dua pemain Arema FC, Jonathan Bauman dan Victor Igbonefo. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Abdul Haris menyebut bahwa untuk saat ini keselamatan masyarakat jauh lebih penting. Sebab, jika memaksakan untuk terus menggelar kompetisi maka rsiko yang ditimbulkan justru lebih besar. "Terlalu besar resikonya jika tetap memaksakan untuk digelar. Jadi penundaan ini merupakan langkah yang tepat," tambahnya. 

3. Jika tetap berjalan izin pasti sulit

Penundaan Kompetisi, Ketua Panpel Arema FC Sebut Sebagai Langkah BijakAremania saat memberikan dukungan kepada Arema FC di Stadion Kanjuruhan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Tak hanya itu saja, dalam situasi seperti sekarang, izin mengadakan keramaian juga tentu lebih sulit. Pihak keamanan dipastikan tak akan memberi izin. Apalagi sudah ada instruksi dari presiden untuk tetap berada di rumah guna mencegah penyebaran virus corona. Sebab, belakangan perkembangan kasus Corona di Indonesia semakin banyak. 

"Kalaupun berlanjut izinnya tentu lebih sulit. Meskipun juga klub mengalami kerugian atas hal ini," sambungnya. 

Di sisi lain, Abdul Haris berharap virus corona bisa segera teratasi sehingga kompetisi sepak bola Liga 1 bisa segera kembali bergulir seperti biasa. Apalagi, banyak yang menggantungkan hidup dari sepak bola. "Tentu semua ingin virus corona segera bisa diatasi. Tetapi juga harus tetap mengikuti instruksi dari pemerintah untuk keamanan," pungkasnya.  

Baca Juga: Virus Corona Belum Terkendali, Arema FC Perpanjang Libur 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya