Comscore Tracker

Resmi Gantung Raket, Liliyana Natsir : Sampai Jumpa

Thank you Butet

Jakarta, IDN Times - Atlet bulu tangkis sektor ganda campuran kebanggaan Indonesia, Liliyana Natsir, resmi pensiun alias gantung raket hari ini (27/1). Partai final Indonesia Masters 2019 akan menjadi pertarungan terakhir Liliyana bersama partnernya, Tontowi Ahmad.

Berpisah dengan dunia yang membesarkan namanya, Liliyana Natsir dalam salam perpisahannya tak menyebutkan selamat tinggal. Ia justru menyampaikan sampai jumpa dan terima kasih untuk pihak-pihak yang telah mendukungnya.

Partai final Indonesia Masters 2019 berlangsung Minggu (27/1) di Istora Senayan. Ribuan penonton datang dan mengikuti acara perpisahan untuk Liliyana Natsir pulul 12.00 WIB tadi.

1. Butet : Saya menyatakan pensiun

Resmi Gantung Raket, Liliyana Natsir : Sampai JumpaInstagram.com/natsirliliyana

Di depan ribuan pendukung dan penikmat bulu tangkis Indonesia, Liliyana Natsir atau yang akrab disapa Butet menyampaikan kata-kata perpisahannya. Butet mengakui hari ini menjadi salah satu hari yang berat bagi dirinya.

"Hari ini adalah hari yang berat buat saya," kata Butet. "27 Januari 2019, saya menyatakan pensiun," tambahnya. Suasana seketika berubah menjadi sendu di Istora Senayan.

"Dunia yang membesarkan nama saya, dunia yang bisa membuat saya memberi yang terbaik bagi bangsa dan neagra saya, saya tidak pergi menjauh," kata Butet. "Tapi memberikan kesempatan kepada adik-adik saya untuk menjadi pemenang-pemenang baru," tambahnya disambut tepuk tangan penonton.

2. Tak ucapkan selamat tinggal, Butet : Sampai jumpa

Resmi Gantung Raket, Liliyana Natsir : Sampai JumpaInstagram.com/badminton.ina

Dalam perpisahannya, Butet tak mengucapkan selamat tinggal untuk duni bulu tangkis Indonesia. Ia justru mengucapkan kalimat sampai berjumpa.

Menggunakan jaket merah dan bawahan celana hitam panjang, Liliyana kerap terhenti usai mengucapkan beberapa kalimat. Sekuat tenaga ia menahan air matanya."Sampai jumpa di lain kesempatan," kata Butet memberi jeda. "Maju terus bulu tangkis Indonesia," tutupnya disambut riuh sorak penonton Istora Senayan, Jakarta Selatan.

3. Ucapan terima kasih Butet, juga untuk Owi

Resmi Gantung Raket, Liliyana Natsir : Sampai JumpaIDN Time/Margith Juita Damanik

Menutup 24 tahun perjalanan kariernya di dunia bulu tangkis, Butet mengucapkan terima kasih kepada pihak yang selama ini telah mendukungnya. Mulai dari kedua orangtuanya, tim Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia, rekan sepelatnasnya, mantan partnernya selama berkarya, juga pada pasangannya saat ini.

"Terima kasih juga kepada partner saya, Tontowi Ahmad," kata Liliyana. Seketika Istora riuh dengan tepuk tangan. "Yang mengantar saya mengakhiri karir porfesional saya," tambahnya dengan nada terharu.

Selain itu, Liliyana juga mengucapkan terima kasih kepada penonton Indonesia. "Terima kasih kepada penonton bulutangkis Indonesia. Selalu setia meneriakkan 'Owi/Butet. Owi/Butet. Sampai berjumpa di lain kesempatan," kata Butet sembari melambai kepada penonton. "I LOVE YOU CI BUTET," pekik salah satu penonton menghebohkan Istora. Tampak teriakan itu membuat Butet sedikit tertawa.

4. Kenang perjalanan kariernya, Butet: Kalah itu tidak memalukan

Resmi Gantung Raket, Liliyana Natsir : Sampai JumpaInstagram.com/badminton.ina

Memulai karirnya sejak berusia 12 tahun, Butet mengenang perjalanan karirnya. 24 tahun menjadi atlet bulu tangkis, banyak suka duka yang telah dirasakannya.

Kepada adik-adiknya di Pelatnas, Butet menyampaikan pesan yang dulu disampaikan ibunya ketika Butet pertama berkarir secara profesional. "Kekalahan itu tidak memalukan. Yang memalukan adalah menyerah," kata Butet berpesan.

5. Spanduk #ThankYouButet membentang di Istora

Resmi Gantung Raket, Liliyana Natsir : Sampai JumpaInstagram.com/debbysusanto

Menutup acara perpisahannya, Butet mengelilingi bagian dalam Istora Senayan. Sapa dan lambaian tangannya kepada penonton disambut riuh teriakkan penonton. Tak sedikit pula penonton yang menitikkan air mata.

Tak hanya itu, spanduk besar kemudian membentang di Istora. Spanduk tersebut bertulisakan "Thank You Butet".

Legenda hidup bulu tangkis Indonesia menghentikan karirnya. Untuk semua prestasi, medali, dan capaian membuat merah putih berkibar di tiang tertinggi, terima kasih Butet. Terima kasih, Liliyana Natsir.

Topic:

  • Edwin Fajerial

Just For You