Comscore Tracker

Jatim Masih Posisi 4 PON Papua, Selam dan Renang Sumbang Banyak Emas

KONI opstimistis Jatim bisa jadi juara umum

Surabaya, IDN Times - Provinsi Jawa Timur tampaknya masih betah menduduki posisi sementara hingga Kamis (7/10/2021) pagi, klasemen Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Meski demikian Jatim masih optimistis bisa menyodok ke tiga besar.

1. Jatim duduk di posisi keempat klasemen sementara PON XX Papua

Jatim Masih Posisi 4 PON Papua, Selam dan Renang Sumbang Banyak EmasGubernur Khofifah (kiri) bersama Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung usai pelepasan atlet Jatim ke PON Papua. Dok. Ist.

Jumlah medali yang berhasil diraih kontingen Jatim terus bertambah. Terbaru, total sudah 113 medali yang dikantongi para atlet Jatim. Jumlah tersebut terdiri dari 43 emas, 35 perak, dan 35 perunggu.

Sayangnya, jumlah 113 medali itu masih kalah dengan provinsi lainnya. Menduduki puncak klasemen, Jabar telah menyabet 150 medali dengan 50 emas. Kemudian, meski Papua hanya memiliki 108 medali, namun 49 di antaranya adalah emas. Posisi ketiga diduduki DKI Jakarta dengan 130 medali.

"Kita masih ada peluang," ungkap Ketua Harian KONI Jatim, M. Nabil saat melihat posisi sementara ini.

2. Medali emas terbaru banyak disumbang selam dan renang

Jatim Masih Posisi 4 PON Papua, Selam dan Renang Sumbang Banyak EmasIlustrasi venue pertandingan di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kota Jayapura, Papua, Kamis (8/7/2021) yang akan digunakan untuk PON XX Papua. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Medali emas terbaru bagi Jatim disumbang oleh cabor terbang layang kategori Duration Flight Single Seater B, layar kategori Techno 293 Putra, angkat besi Kelas 67 Kg Putra, gantole, renang ows di 2 kategori, serta selam kolam di 3 nomor pertandingan.

"Memang andalan kita baru main seperti panahan, renang, selam, angkat besi. Mudah-mudahan ini terus berlanjut," harap Nabil.

Baca Juga: Pon Papua 2021: Windy Cantika Sumbang Medali Emas untuk Jawa Barat 

3. KONI optimistis Jatim masih bisa jadi juara umum

Jatim Masih Posisi 4 PON Papua, Selam dan Renang Sumbang Banyak EmasAcara Festival Cahaya Papua pada Jumat (31/12/2020) malam. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Nabil optimistis Jatim dapat mengejar peringkat klasemen dengan cabang olahraga yang lain. Dengan sisa waktu yang ada, ia percaya para atlet bisa membawa Jatim meraih juara umum PON XX Papua.

"Ada beberapa cabor yang tidak sesuai harapan seperti sepatu roda dan ada berapa itu. Tapi ini sudah mulai bergerak naik, jadi peluang ke juara umum masih terbuka," tuturnya.

Di samping itu, secara khusus Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak memberi apresiasi untuk cabor selam kolam dan renang. Pasalnya, cabor selam kolam telah menyumbang total 7 emas dan renang menyumbang 5 emas.

"Cabang renang dan selam ini sangat potensial bagi kita semua. Jadi kita berharap ini menjadi salah satu cabang olahraga yang terus mendapat atensi. Kita pun dari provinsi juga akan terus memberikan support bagi cabang ini," ungkap Emil.

Baca Juga: Kejutan, Gadis Muda Kalahkan Atlet Timnas di PON Papua 2021

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya