Comscore Tracker

Silicon Valley hingga Penerbangan Langsung, Mimpi Keren Azwar Anas

Semua perubahan berasal dari mimpi

Banyuwangi, IDN Times - Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, berhasil merubah citra daerah yang dipimpinnya menjadi salah satu objek wisata terbaik di Indonesia. Dalam acara Indonesia Writers Festival 2018, Anas mengatakan bahwa semua perubahan yang ia lakukan berasal dari mimpi.

"Dulu saya bermimpi untuk ada penerbangan langsung ke Banyuwangi. Bermimpi juga supaya di Banyuwangi banyak hotel. Banyak orang yang bilang ngapain bangun itu, tapi semuanya bermula dari mimpi kan. Kalau gak berani bermimpi, mati saja," kata Anas pada acara yang digelar oleh IDN Times di Banyuwangi, Jumat (21/9).

1. Anas ingin membangun silicon valley di Banyuwangi

Silicon Valley hingga Penerbangan Langsung, Mimpi Keren Azwar Anasfreedomandsafety.com

Kendati banyak yang meragukan mimpinya, ia telah berhasil merealisasikan segala awang-awangnya. Saat ini, ia bermimpi untuk membangun silicon valley di Banyuwangi.

Adapun silicon valley adalah lembah yang sepi, sejuk, dan sunyi namun menjadi pusat teknogi yang menghubungkan antar desa di berbagai dunia.

"Saya sedang menggagas mimpi saya. Saya pernah bermimpi ada semacam silicon valey di negeri ini. Dan saya telah menyiapkan Ijen salah satunya. Karena sekarang orang banyak mencari tempat yang sunyi dan sejuk, tapi terkoneksi. Biarlah disebut ndeso, yang penting wifi dan fiber optic kami mendunia. Karena kami ingin membangun global village," lanjut Anas.

2. Membuat penerbangan langsung dari berbagai wilayah

Silicon Valley hingga Penerbangan Langsung, Mimpi Keren Azwar AnasInstagram.com/azwaranas.a3

Selanjutnya, Anas sempat bermimpi untuk menghadirkan penerbangan langsung dari berbagai daerah, baik lokal ataupun internasiomal, ke Banyuwangi. Dalam waktu dekat, bupati dua periode itu akan menghadirkan penerbangan langsung ke Banyuwangi dari negara lain.

"Mimpi kami salah satunya sudah terwujud, yaitu menghadirkan direct flight ke Banyuwangi. Dan InsyaAllah, akhir Oktober nanti akan ada direct flight ke Banyuwangi dari Singapura. Dan menyusul pula Australia," terang Anas yang disambut oleh tepuk tangan para hadirin.

Baca Juga: Mencicipi Rawon Bik Ati, Kuliner Banyuwangi dari Empat Generasi

3. Membumikan tarian khas Banyuwangi, tari gandrung

Silicon Valley hingga Penerbangan Langsung, Mimpi Keren Azwar AnasIDN Times/Vanny El Rahman

Anas berharap bisa memperkenalkan tari gandrung ke dunia. Menurut Anas, hal itu bisa terwujud ketika pemerintah atau pengelola wisata di Banyuwangi memiliki jadwal rutin untuk penampilan ini, sebagaimana penampilan tari kecak di Ulu Watu, Bali.

Dalam waktu dekat, Anas akan meresmikan Taman Gandrung Terakota yang menghadirkan 1000 patung penari gandrung. Nantinya, taman ini akan menjadi lokasi penampilan tari gandrung secara berkala, sehingga para turis tahu harus kemana mereka apabila ingin melihat tarian khas Banyuwangi ini.

Baca Juga: Kota Singgah Jadi Tujuan Wisata, Ini Cara Azwar Anas Sulap Banyuwangi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You