PDAM Surabaya Olah Air Supaya Bisa Jadi Hand Sanitizer

Pastikan air masih dalam kategori aman

Surabaya, IDN Times - Di tengah mewabahnya virus corona, masyarakat mulai kesulitan menemukan masker dan hand sanitizer. Kalaupun ada, harganya melonjak tajam.

Pemkot Surabaya sendiri sudah mengantisipasi kelangkaan itu dengan membuat hand sanitizer sendiri. Tak hanya itu, PDAM Surabaya juga melakukan inovasi agar air yang sampai ke masyarakat juga bisa digunakan sebagai hand sanitizer.

1. Tak ingin masyarakat panik

PDAM Surabaya Olah Air Supaya Bisa Jadi Hand SanitizerDirektur Utama PDAM Surabaya, Mujiaman. IDN Times/Tarida Alif

Direktur Utama PDAM Surya Sembada Mujiaman mengatakan, warga tak perlu bingung dengan langkanya hand sanitizer.

"Air (PDAM) sudah kami olah dengan takaran yang pas agar bisa digunakan sebagai hand sanitizer. Kemarin (Selasa) sudah mulai kami lakukan. Insyaallah akan sampai ke masyarakat, gak usah panik," jelas Mujiaman di Kantor Bagiam Humas Pemkot, Rabu (18/3).

2. Tak sebutkan bahan-bahan yang dipakai

PDAM Surabaya Olah Air Supaya Bisa Jadi Hand SanitizerLokasi galian pipa yang ada di jalan Siliwangi, Pamulang (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Namun PDAM tak ingin mengungkapkan beberapa bahan yang digunakan sebagai campuran agar air juga bisa digunakan sebagai hand sanitizer. Pasalnya, menurut Mujiaman bahan-bahan tersebut adalah bahan kimia reaktif.

"Jangan (ditiru). Masyarakat gak paham takarannya. Kalau mereka gak paham, bisa terbakar dan sangat membahayakan," ucapnya.

Baca Juga: RSUD Dr Iskak Tulungagung Sosialisasikan Pembuatan Hand Sanitizer

3. Pastikan ketersediaan air cukup

PDAM Surabaya Olah Air Supaya Bisa Jadi Hand SanitizerKetua BPB Linmas Kota Surabaya, Eddy Christijanto dan Direktur Utama PDAM Surabaya, Mujiaman dalam Konferensi Pers di Kantor Humas Pemkot, Rabu (18/3). IDN Times/Tarida Alif

Upaya masyarakat dengan menahan diri di dalam rumah membuat PDAM harus menyiapkan pasokan airnya. 10 rumah pompa yang tersebar di Surabaya akan menjamin ketersediaan air bersih masyarakat.

"Meningkatkan kapasitas itu tanggung jawab kami. Jadi kami pastikan tak ada yang kekurangan air bersih. Rencananya tahun ini juga akan kami tambah 4 rumah pompa," katanya.

4. Sampaikan maaf jika ada air yang kurang jernih

PDAM Surabaya Olah Air Supaya Bisa Jadi Hand SanitizerDirektur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman saat ditemui di kantornya, Senin (9/3). IDN Times/Fitria Madia

Imbas perbaikan pipa di Gunung Anyar memang sempat menyebabkan beberapa daerah mengalami gangguan. Mujiaman meminta maaf dan berjanji akan memperbaikinya.

"Jangan khawatir. Kami sudah siapkan langkahnya. Lapor saja, kami akan segera perbaiki,"janjinya

Baca Juga: Ini Hukum Pemakaian Hand Sanitizer di Mata PWNU Jatim

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya