Viral Bus TNI AL Terobos Perlintasan Kereta Api di Malang

Kereta apinya terlihat grogi gengs!

Malang, IDN Times - Sosial media dihebohkan dengan video 2 bus TNI Angkatan Laut (AL) yang menerobos perlintasan kereta api (railroad crossing) di Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Video tersebut viral setelah dibagikan akun Twitter @sahabat_kereta pada Kamis (04/05/2023). Video tersebut langsung viral dengan 1,3 juta kali ditonton, 8.858 like, 4.174 retweet, dan 1.526 reply.

"Detik-detik 2 unit bus TNI AL menerobos perlintasan kereta api di Jalan Kolonel Sugiono, Malang, Pos PJL 78 dekat Stasiun Malang Kotalama. Mengimbau seluruh pengguna jalan raya sesuai UU 23 tentang Perkeretaapian wajib mendahulukan perjalanan kereta api. Utamakan keselamatan," tulis aku @sahabat_kereta.

1. Kronologi 2 bus TNI AL menerobos palang pintu kereta api di Malang

Viral Bus TNI AL Terobos Perlintasan Kereta Api di MalangIlustrasi kereta api. (IDN Times/Arief Rahmat)

Dalam video tersebut, terlihat 2 unit bus milik TNA AL berwarna abu-abu melintasi perlintasan kereta api yang berada di bawah flyover Mergosono Kota Malang. Terlihat bus melintas saat kereta api akan melintas.

Namun, kedua bus berukuran besar tersebut tetap melaju dengan kecepatan sedang. Terlihat juga kereta api sudah mendekat dan membunyikan klakson lokomotif. Pasalnya jarak bus dan kereta api hanya sekitar 20 meter saja.

Untungnya tidak terjadi kecelakaan yang menimpa bus dan kereta api tersebut. Pasalnya kereta api tersebut terlihat sempat melambatkan kecepatannya agar bus tersebut segera meninggalkan lokasi tersebut.

Video yang juga diupload di akun Instagram @spoorwegfans_ ini bahkan dikomentari oleh sutradara Fajar Nugros lewat akun @fajarnugrs. Ia memberi komentar sarkasme kepada perilaku kedua pengendara bus TNI AL tersebut.

"LUARRR BIASAAAA MEMANGGGG MEMBERI CONTOH KE MASYARAKATTTT," tulisnya.

Baca Juga: Dianggap Force Majeur, Malang Plaza Merasa Tak Wajib Beri Ganti Rugi

2. PT KAI Daop 8 Surabaya merespon video viral

Viral Bus TNI AL Terobos Perlintasan Kereta Api di MalangIlustrasi calon penumpang menunggu kedatangan kereta api. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan perilaku pengendara bus TNI AL yang ada di dalam video tersebut jelas melanggar. Mereka menegaskan kendaraan apapun dilarang menerobos palang pintu jereta api apapun keadaannya.

"Aturannya jelas, mendahulukan perjalanan KA (Kereta Api)," tegas Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif saat dikonfirmasi pada Jumat (05/05/2023).

Ia juga menjelaskan bahwa aturannya jelas di Undang-Undang (UU) Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian. Sehingga perjalanan kereta api harus didahulukan, apalagi saat palang pintu kereta api sudah tertutup.

3. Imbauan PT KAI Daop 8 kepada seluruh pengendara yang melintas perlintasan kereta api

Viral Bus TNI AL Terobos Perlintasan Kereta Api di MalangIlustrasi Kereta Api. (IDN Times/Arief Rahmat)

Luqman dalam kesempatan tersebut mengingatkan masyarakat agar tidak menerobos palang pintu kereta api setelah ditutup. Menurutnya tindakan tersebut adalah langkah yang gegabah.

"Sama pemerintah kan sudah dipasang rambu-rambu lalu lintas, peringatan, dan lain-lain bahwa di depannya ada perlintasan sebidang. Ya itu dipatuhi pengendara," tegasnya.

Ia mengatakan pemasangan palang pintu dan rambu-rambu tersebut utamanya adalah demi keselamatan pengendara. Pasalnya banyak sekali kecelakaan yang terjadi akibat pengendara tidak berhati-hati di perlintasan kereta api.

Baca Juga: Polisi Izinkan Pedagang Masuk Malang Plaza, Dibatasi 2 Jam

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya