Comscore Tracker

Sedapnya Makanan Rujak Soto di Bangkalan Ala Mbok Brejot, Bikin Nagih!

Kuliner unik dari Bangkalan

Bangkalan, IDN Times - Bila ziarah ke Pasarean Syaichona Kholil, Bangakan, mampirlah ke warung Mbok Brejot. Di warung sederhana ini kamu bisa menikmati sensasi kuliner unik campuran rujak dan soto daging.

Baca Juga: Anggota DPRD Bangkalan yang Meninggal Ternyata Sempat Alami Ini

1. Lokasi warung Mbok Brejot

Sedapnya Makanan Rujak Soto di Bangkalan Ala Mbok Brejot, Bikin Nagih!IDN Times/Musthofa Aldo

IDN Times, pada Sabtu (13/12) sempat berkunjung ke Warung Mbok Brejot. Warung ini terletak sekitar 20 meter sebelum pintu masuk utama kompleks pasarean. Sebenarnya ada penanda papan nama dari banner, Tapi ukurannya kecil dan terhalang rimbun pepohonan juga tiang listrik.

Agar mudah mencarinya, saat keluar dari kompleks Pasarean, berjalanlah ke timur. Di kiri jalan, ada pekarangan luas yang terdapat banyak tanaman, disitulah warung Mbok Brejot.

2. Perpaduan rujak dan soto daging yang unik

Sedapnya Makanan Rujak Soto di Bangkalan Ala Mbok Brejot, Bikin Nagih!IDN Times/Musthofa Aldo

Sebenarnya, kuliner yang dijual Mbok Brejot, tidak istimewa, juga bukan kuliner khas, hanya rujak dan soto daging.

Namun, yang membuat unik adalah rujak dan sotonya dicampur jadi satu saat menyajikannya ke pengunjung. Jadilah semangkok rujak berkuah dengan taburan potongan daging dan tetelah di atasnya. Soal rasa jangan ditanya, sedap dan nikmat sekali.

Soal harga, tak perlu khawatir, aman dikantong. Seporsi rujak soto plus segelas es teh manis hanya Rp18 ribu.

Selain makanan yang uenak, warung Mbok Brejot pun teduh. Di halamannya ada rerimbunan pohon kersen dan melinjo. Di bawahnya bangku-bangku dijejer, buat makan outdoor.

3. Cara pembuatan

Sedapnya Makanan Rujak Soto di Bangkalan Ala Mbok Brejot, Bikin Nagih!IDN Times/Musthofa Aldo

Cara membuat makanan itu seperti rujak pada umumnya. Pertama, Mbok Brejot menaruh sesendok garam di cobek, juga bawang goreng dan segenggam kacang goreng. Setelah diulek sampai halus, dikasih irisan tomat dan cabai juga petis asin. Pedasnya menyesuaikan selera.

Kemudian dimasukkan irisan lontong, potongan tahun goreng basah juga tambah rebus. Setelah diaduk merata, ditaruh dalam mangkuk.

Mangkuk itu kemudian disiram kuah soto sampai penuh. Lalu di atasnya di beri potongan daging dan tetelah daging sapi. Rujak soto pun siap disantap.

Karena menggabung dua porsi makanan, bila dilahap sampai habis, perut terasa kenyang sekali dan tentunya, kamu bisa mencoba sendiri di rumah.

Baca Juga: Kearifan Lokal, Bangkalan Diusulkan Gunakan Branding Kota Besi Tua

Topic:

  • Faiz Nashrillah
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya