Kasus COVID-19 di Banyuwangi Bertambah 4, Sembuh 5 Orang

Tiga orang usia produktif dan satu orang lanjut usia

Banyuwangi, IDN Times - Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Banyuwangi mengumumkan adanya penambahan 4 kasus pasien Corona (COVID-19) yaitu pasien nomor 30, 31, 32, dan 33. Saat ini jumlah positif COVID-19 Banyuwangi menjadi 33 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Banyuwangi dr Widji Lestariono menjelaskan, untuk pasien konfirmasi 30 dan 31 keduanya merupakan rekan kerja sebuah yayasan dana sosial keagamaan di Banyuwangi. Masing-masing berusia 28 tahun dan 21 tahun. Keduanya berasal dari Kecamatan Srono dan Muncar.

“Keduanya sempat melakukan survei penyaluran hewan kurban ke Jember dan Bondowoso. Kedua pasien ini melakukan survei bersama lima rekannya dari Surabaya,” jelas Widji, Sabtu malam (4/7/2020).

1. Tertular rekan kerja dari Surabaya

Kasus COVID-19 di Banyuwangi Bertambah 4, Sembuh 5 OrangIlustrasi virus corona. Dok. IDN Times

Usai melakukan survei hewan kurban di momen persiapan Iduladha, keduanya mendengar kabar bahwa rekannya dari Surabaya yang ditemui di Jember dan Bondowoso terkonfirmasi positif COVID-19. Lalu dilakukan tes swab di RSUD Genteng. Hasilnya keluar pada 3 Juli, mereka dinyatakan positif COVID-19.

”Saat ini keduanya dirawat intensif di RSUD Genteng,” jelasnya.

2. Seorang pedagang dan pramusaji kafe

Kasus COVID-19 di Banyuwangi Bertambah 4, Sembuh 5 OrangIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Selanjutnya pasien konfirmasi 32 merupakan pria asal Kecamatan Bangorejo berusia 24 tahun. Yang bersangkutan di-swab dan diperiksa dengan mesin TCM RSUD Blambangan lalu dinyatakan positif. Sedangkan pasien konfirmasi positif 33 merupakan seorang pria usia 60 tahun asal Kecamatan Bangorejo.

"Pasien 32 adalah pramusaji di salah satu kafe di Kecamatan Gambiran. Sementara pasien 33 adalah seorang pedagang," ujarnya .

“Gugus Tugas telah melakukan tracing terhadap kontak erat keempat pasien positif terbaru ini untuk dilanjutkan dengan tindakan sesuai protokol kesehatan. Adanya penambahan pasien COVID-19 menjadi sebuah peringatan bagi kita semua bahwa saat ini masih terjadi penularan COVID-19. Maka disiplin terhadap protokol kesehatan wajib dilakukan oleh kita semua,” jelasnya.

Baca Juga: Seorang ABK di Kapal Penumpang Ketapang-Gilimanuk Positif COVID-19

3. Lima pasien COVID-19 sembuh

Kasus COVID-19 di Banyuwangi Bertambah 4, Sembuh 5 OrangIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Sementara itu, Gugus Tugas juga mengumumkan adanya penambahan lima pasien COVID-19 yang sembuh di Banyuwangi. Sehingga, saat ini terdapat 14 orang sembuh dari 33 pasien positif COVID-19.

"Ada lima pasien positif yang telah sembuh. Kelimanya adalah pasien nomor 18, 21, 22, 23 dan 25. Kelima pasien yang dinyatakan sembuh hari ini sudah menjalani  dua kali tes swab dengan hasil negatif. Kini semua pasien telah dipulangkan. Namun tetap dipantau untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah,” ujarnya.

Baca Juga: 4 Maskapai Mulai Kembali Layani Rute Penerbangan ke Banyuwangi

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya