Balap Perahu Layar, Nelayan Jawa-Bali Nekat Melewati Ombak Tinggi

Begini cara mereka bersilaturahmi

Banyuwangi, IDN Times - Sebanyak 95 nelayan asal Jawa dan Bali mengikuti ajang balap perahu layar di pesisir Selat Bali, Pantai Waru Doyong, Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Minggu (16/6). Seperti apa keseruannya?

1. Peserta dari Jawa-Bali diseleksi berdasarkan standar kelayakan perahu layar yang digunakan

Balap Perahu Layar, Nelayan Jawa-Bali Nekat Melewati Ombak TinggiIDN Times/Istimewa

Ajang yang digelar Pokmaswas Selat Bali Asri dan Satpolairud Polres Banyuwangi ini juga menjadi ajang silaturahmi para nelayan.

"Ini salah satu cara kami menjalin silaturahmi dan bermaaf-maafan saat lebaran. Kami melakukan dengan cara lomba perahu layar," ujar Ketua Pokmaswas Selat Bali Asri, Kelurahan Bulusan, Banyuwangi, Sudjarno.

Total 95 peserta yang ikut merupakan hasil seleksi dari standar kelayakan perahu layar yang digunakan. Tidak mau ambil risiko, pihaknya membatasi jumlah peserta dan seleksi demi keselamatan serta kelancaran jalannya lomba.

"Minat masyarakat nelayan sekitar Selat Bali sangat antusias, banyak yang ikut serta tapi sudah kami batasi karena perahu tidak sesuai," ujarnya.

2. Butuh waktu 20 menit untuk menyeberangi Jawa-Bali

Balap Perahu Layar, Nelayan Jawa-Bali Nekat Melewati Ombak TinggiIDN Times/Istimewa

Perahu-perahu yang sudah dilengkapi dengan layar, sebagai media penangkap energi angin sudah tampak berjajar rapi sejak pagi. Peserta bakal menyeberang Selat Bali mulai dari Pantai Waru Doyong, Banyuwangi menuju Pantai Gilimanuk, Bali.

"Butuh waktu cuma 20 menit pulang pergi dari Jawa ke Bali. Karena kondisi anginnya sekarang juga kencang," ujar Agus, nelayan asal Gilimanuk.

3. Angin dan ombak tinggi jadi tantangan

Balap Perahu Layar, Nelayan Jawa-Bali Nekat Melewati Ombak TinggiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Agus menjelaskan, angin yang terlalu kencang menjadi persoalan sendiri untuk joki perahu layar karena kondisi ombak dan arus juga besar.

"Angin kencang ombaknya juga tinggi. Kalau tidak pintar-pintar menyiasati layar perahunya bisa patah. Tadi sudah ada dua yang patah milik peserta," katanya

4. Sekaligus peringati HUT Bhayangkara ke-73

Balap Perahu Layar, Nelayan Jawa-Bali Nekat Melewati Ombak TinggiIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud), AKP Subandi, menambahkan ajang yang didukung pihaknya ini sekaligus untuk memperingati HUT Bhayangkara ke-73, dan bersilaturahmi dengan nelayan.

“Memang sudah sering digelar, tapi pada lomba kali ini lebih meriah. Peserta rata-rata berasal dari nelayan Banyuwangi, Bali dan Madura," katanya.

Satpolairud juga memberikan wawasan keselamatan untuk peserta saat mengikuti lomba balap perahu layar.

"Kami membekali wawasan keselamatan dan mengenakan life jacket saat berlayar demi keselamatan jika terjadi sesuatu di tengah lautan saat berlayar ,” ujarnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya