Comscore Tracker

Remaja di Surabaya Ditemukan Tewas Gantung Diri 

Ditemukan tergantung di kusen pintu kamar

Surabaya, IDN Times — Seorang remaja laki-laki berinisial DS (19) di Candi Lontar Kidul, Surabaya ditemukan tewas gantung diri, Jumat (19/8/2022).

1. Ditemukan meninggal tergantung di pintu kamar

Remaja di Surabaya Ditemukan Tewas Gantung Diri ilustrasi bunuh diri (IDN Times/Arief Rahmat)

Kanit Reskrim Polsek Lakarsantri Ipda Bambang Setiawan mengatakan, DS ditemukan meninggal oleh orangtuanya pukul 09.00 WIB pagi tadi. Korban ditemukan tergantung di kusen pintu kamar.

"Korban ditemukan tergantung di kusen pintu kamar dengan sebuah kain selendang terlilit di lehernya," ujar Ipda Bambang.

Baca Juga: Tersambar Kereta Api, Pria di Surabaya Terpental 200 Meter

2. Tidak ada tanda-tanda depresi sebelum gantung diri

Remaja di Surabaya Ditemukan Tewas Gantung Diri Ilustrasi Bunuh Diri (IDN Times/Mardya Shakti)

Ia mengatakan, hari-hari sebelum DS ditemukan tewas, DS masih beraktivitas dan bergaul seperti biasanya. Bahkan DS juga sempat ikut tahlilan bersama warga di lingkungannya.

"Kemarin malam DS masih ikut warga tahlilan di salah satu rumah warga," ucapnya.

3. Jenazah sudah ditangani Inafis

Remaja di Surabaya Ditemukan Tewas Gantung Diri Shutterstock

Bambang mengatakan, usai mendapatkan informasi tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Tim Inafis Polrestabes Surabaya untuk mengevakuasi korban. Untuk selanjutnya, pihaknya akan melalukan penyelidikan atas meninggalnya DS.

Jenazah DS sudah dibawa ke Ruang Jenazah RSUD Dr. Soetomo Surabaya. "Guna keperluan lebih lanjut jenazah dibawa dengan menggunakan ambulan Dinas Sosial Kota Surabaya," kata Ipda Bambang.

Mari bersama cegah perilaku bunuh diri 

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500–454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

NGO Indonesia pencegahan bunuh diri:
Jangan Bunuh diri || telp: (021) 9696 9293 || email: janganbunuhdiri@yahoo.com
Organisasi INTO THE LIGHT || message via page FB: Into The Light Indonesia (@IntoTheLightID) || direct message via Twitter: @IntoTheLightID
Kementrian Kesehatan Indonesia || telp: (021) 500454

 

Baca Juga: Pria di Surabaya Terekam Lecehkan Anak di Bawah Umur

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya