Comscore Tracker

Kronologi Pengunggah Video Gate 13, Dibawa Polisi Tanpa Seragam

Waduh piye sam ?

Malang, IDN Times - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) telah menerima laporan menghilangnya pengunggah video viral di gate 13. Pengunggah video itu rupanya dibawa oleh polisi tanpa seragam secara tiba-tiba. Namun, pria tersebut kini telah dipulangkan.

Sekjen KontraS, Andy Irfan mengatakan bahwa pemilik video tersebut ditangkap saat sedang bekerja di Stasiun Kota Malang pada Senin (3/10/2022). 

"Di lokasi kerja siang begitu ya, sebelum makan siang, di Stasiun Kota Baru, di situ ada polisi KA (Kereta Api) dia kemudian diinformasikan oleh atasan, polisi KA bilang ada yang nyari," ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Pengunggah video itu kemudian dibawa oleh seseorang yang tak dikenal menggunakan pakaian sipil. Ia mengira, orang itu adalah bagian dari Aremania.

"Terus dibawa ke dalam mobil, dia gak nyangka kalau itu polisi, dikira teman suporter, pakai baju biasa dan akrab," ungkap Andy.

Selama perjalanan, pengunggah video itu tidak mendapat intimidasi apapun. Bahkan, ia juga diajak untuk makan bersama. Sesampainya di lokasi, ternyata ia baru tau, jika ia dibawa ke Mapolres Malang.

"Tidak ada intimidasi secara verbal. Terus di Polres diproses selama beberpa jam sampai jam 7 malam," katanya.

Saat di Mapolres Malang, pengunggah video tersebut dimintai keterangan oleh polisi soal video yang diunggah.

"Dimintai keterangan, 'kamu upload ini?, lapo upload ini?' Terus dia jawab, saya korban, Pokoknya soal upload video. Dia jawab sebagaimana dia rasakan," terang Andy.

Setelahnya proses pemeriksaan itu, pengunggah video tersebut dipulangkan oleh Polisi. Namun, hanphone pengunggah video tersebut disita dan hingga kini belum kembali.

"Kita urus Handphone-nya, dia Senin dibawa, Kemarin (Selasa) baru dikembalikan," jelasnya.

Kini KontraS tengah memberi perlindungan bagi pengunggah video tersebut dan tiga orang lainnya yang juga ditangkap Polisi secara tiba-tiba. "Ini kita lagi urus untuk melapor ke LPSK," pungkasnya. 

Untuk diketahui, pengunggah video viral di TikTok yang menunjukkan pintu gate 13 terkunci dan sesak orang dikabarkan menghilang beberpa hari lalu. Ia diduga ditangkap saat bekerja di Stasiun Kota Malang. 

Baca Juga: Pengunggah Video Kanjuruhan Diculik? Polisi: Dia Sedang Diperiksa

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya