Punya Gejala Penyakit Mirip Covid-19, Satu Pasien RSUD Tuban Diisolasi

Ia baru saja pulang dari Makkah

Tuban, IDN Times - Seorang warga Kabupaten Tuban terpaksa harus menjalani perawatan diruang isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Koesma Tuban. Pasien pria yang berusia 51 tahun tersebut  mengalami gejala penyakit mirip corona atau covid-19, yakni batuk, flu dan demam.

Pasien asal Kecamatan Tambakboyo itu sudah menjalani perawatan selama tiga hari. Untuk meyakinkan apakah pasien tersebut terinfeksi corona, pihak rumah sakit setempat juga sudah mengambil sampel darah dan dahak.

1. Pasien yang dirawat diketahui baru pulang dari Makkah

Punya Gejala Penyakit Mirip Covid-19, Satu Pasien RSUD Tuban DiisolasiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengatakan, pasien yang sekarang menjalani perawatan di rumah sakit itu diketahui baru saja pulang dari ibadah umrah di tanah suci Makkah. Sesampainya di Tuban, ia kemudian mengalami batuk-batuk dan demam tinggi. "Satu pasien yang mempunyai gejala mirip corona sudah kita tangani dan kita isolasi," kata Noor Nahar, Senin (23/3).

2. RSUD dr Koesma Tuban juga pernah merawat pasien mirip corona

Punya Gejala Penyakit Mirip Covid-19, Satu Pasien RSUD Tuban DiisolasiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, RSUD dr Koesma Tuban juga pernah merawat pasien dengan gejala mirip corona. Namun, saat dilakukan pemeriksaan, pasien berjenis kelamin perempuan itu tidak terjangkit virus corona. Akhirnya pihak rumah sakit pun membolehkan pasien tersebut pulang. "Ya sama gejalanya mirip pasien yang saat ini kita rawat tapi setelah kita cek hasilnya negatif," ungkapnya.

Pasien perempuan yang sudah dinyatakan negatif corona tersebut, lanjut Noor Nahar ternyata mempunyai simpanan penyakit diabetes, kemudian penyakit itu kambuh. Pihak rumah sakit sempat khawatir lantaran perempuan tersebut juga diketahui baru saja selesai menjalani ibadah umrah. "Jadi pasien laki-laki yang saat ini dan perempuan asal Kecamatan Bancar ini informasi yang kami terima juga baru saja pulang dari Makkah," imbuhnya.

Baca Juga: Waspada Virus Corona, 575 Anggota DPR Jalani Rapid Test Pekan ini

4. Kabupaten Tuban masih aman dari wabah corona

Punya Gejala Penyakit Mirip Covid-19, Satu Pasien RSUD Tuban DiisolasiRSUD dr Koesma Tuban. IDN Times/Imron

Hingga sampai saat ini, Kabupaten Tuban masih dinyatakan aman dari wabah virus corona. Sementara untuk jumlah Orang Dengan Pengawasan di Tuban ada 17 orang. Mereka diketahui baru pulang dari luar negeri. "Untuk upaya yang kita lakukan dalam penanggulangan covid-19 ini, banyak termasuk menutup tempat wisata, sekolah diliburkan dan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di sejumlah tempat umum," pungkasnya.

Baca Juga: Sudah Dua Pekan, Harga Gula Pasir di Tuban Tembus Rp16,5 Kilogram

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya