Korsleting Listrik, Ratusan Kios Pasar Baru Tuban Terbakar

Belasan mobil pemadam dikerahkan untuk menjinakkan api

Tuban, IDN Times - Pasar Baru Tuban yang terletak di Jalan Raya Surabaya-Semarang hangus terbakar, sekitar pukul 20.30, Selasa (3/3), malam. Api yang diduga berasal dari hubungan arus pendek listrik tersebut menghanguskan ratusan kios milik pedagang kain dan perabot rumah tangga.

Beruntung, insiden tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa. Sebab, saat kejadian berlangsung, seluruh pedagang sudah tidak lagi membuka kios mereka. "Dugaan sementara api berasal dari hubungan arus pendek listrik," kata Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono di lokasi.

1. Belasan mobil kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api

Korsleting Listrik, Ratusan Kios Pasar Baru Tuban TerbakarPetugas PMK dibantu polisi berusaha menjinakkan api. IDN Times/Imron

Belasan unit mobil pemadam, lanjut Ruruh, dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api. Api yang sempat membesar membuat petugas PMK Tuban kuwalahan menjinakkannya. Akhirnya, sekitar pukul 01.30 Kamis dini hari, api berhasil dimatikan. "Ada belasan unit mobil pemadam dikerahkan kerahkan," ungkap Ruruh.

2. Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta

Korsleting Listrik, Ratusan Kios Pasar Baru Tuban TerbakarKapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, saat meninjau lokasi pasar yang terbakar. IDN Times/Imron

Hingga berita ini ditulis, petugas kepolisian Polres dan Pemkab Tuban masih menghitung jumlah kerugian yang diderita oleh pedagang yang kiosnya terbakar. Namun perkiraan awal kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. "Masih kita hitung untuk kerugiannya. Dan kita fokus untuk pengamanan serta pemadaman api ini dulu," kata Ruruh.

3. Bupati prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi di Pasar Baru Tuban

Korsleting Listrik, Ratusan Kios Pasar Baru Tuban TerbakarRatusan kios di Pasar Baru Tuban terbakar. IDN Times/Imron

Sementara itu Bupati Tuban Fathul Huda saat meninjau lokasi pasar terbakar mengaku prihatin atas musibah kebakaran yang meminpa ratusan pedagang di Pasar Baru Tuban. "Kita prihatin dan semoga apinya segera bisa dipadamkan, tadi PMK juga sudah kita minta agar terus bekerja sampai apinya benar-benar padam," ucapnya.

Baca Juga: Pemadam Kebakaran Ini Manfaatkan TikTok untuk Semangati Anak Buahnya

4. Pedagang berusaha menyelamatkan barang ke tempat yang lebih aman

Korsleting Listrik, Ratusan Kios Pasar Baru Tuban TerbakarPasar Baru Tuban terbakar, Selasa (3/3) malam. IDN Times/Imron

Dari pantauan IDN Times di lokasi, sejumlah pedagang yang kiosnya tidak terbakar berusaha menyelamatkan barang mereka agar tidak ikut dilalap api.  Mereka menggeluarkan semua isi barang perabotan kebutuhan rumah tangga ke lokasi yang lebih aman. "Diangkat mas supaya tidak ikut terbakar," kata Suratman salah satu pedagang pasar Baru Tuban.

Baca Juga: Hina Bupati Tuban, GP Ansor Laporkan Akun Facebook Sai Mo ke Polisi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya