Terus Dikebut, Single Seat GBT Diperkirakan Selesai Dua Bulan Lagi

Beberapa pekerjaan membutuhkan waktu lebih lama

Surabaya, IDN Times - Stadion Gelora Bung Tomo sebagai salah satu tuan rumah pelaksanaan Piala Dunia U-20 menjadi perhatian utama pembangunan di Kota Surabaya. Saat ini renovasi GBT sudah memasuki tahap pemasangan single seat. Diperkirakan single seat sudah terpasang dalam dua bulan ke depan.

1. Single seat diperkirakan selesai dua bulan lagi

Terus Dikebut, Single Seat GBT Diperkirakan Selesai Dua Bulan LagiKepala Bappeko Eri Cahyadi saat memperkenalkan situs MBR online, Rabu (15/1). IDN Times/Fitria Madia

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi menuturkan bahwa renovasi stadion GBT dilaksanakan secara paralel. Sementara saat ini pihaknya tengah mengerjakan pengupasan rumput stadion utama, pemasangan lampu, perbaikan ruangan dan pemasangan single seat.

“Untuk pemasangan single seat, sudah mulai kami pasang sejak beberapa hari lalu, tepatnya mulai tanggal 14 Agustus 2020 lalu. Proses pemasangan ini diperkirakan selesai dalam 2 bulan ini,” ujar Eri, Sabtu (22/8/2020).

2. Ada 45 ribu single seat

Terus Dikebut, Single Seat GBT Diperkirakan Selesai Dua Bulan LagiStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Eri menyebutkan bahwa single seat di GBT terdiri dari empat warna yaitu hijau, kuning, putih, dan abu-abu. 45 ribu, Total sebanyak 45 ribu single seat telah disiapkan. 40 ribu single seat untuk regular dan sisanya VIP. Pemasangan single seat ini dilakukan di bagian tribun yang sudah selesai dicat.

“Jadi, separuh tribun yang sudah dicat, kami lakukan pemasangan single seat, sedangkan yang separuhnya dikebut pengecatannya,” tuturnya.

3. Ruangan mulai disiapkan

Terus Dikebut, Single Seat GBT Diperkirakan Selesai Dua Bulan LagiStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Selain itu, saat ini mereka tengah mengebut perbaikan beberapa ruangan di GBT. Perbaikan ruangan yang sesuai standart FIFA itu diantaranya adalah ruang medis, kantor FIFA di GBT, ruang media, tribun media dan berbagai ruangan lainnya. Pada saat kunjungan PSSI beberapa waktu lalu, beberapa ruangan sudah diarahkan peruntukkannya.

“Jadi, kita kejar penyesuaiannya sesuai standart FIFA, karena sudah diberi detail ruangan-ruangan yang harus dipersiapkan,” imbuhnya.

Baca Juga: Resmi Gelar Piala Dunia U-20, Ini 4 Fakta Gelora Bung Tomo

4. Ada beberapa pekerjaan yang makan waktu lama

Terus Dikebut, Single Seat GBT Diperkirakan Selesai Dua Bulan LagiStadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Sedangkan ada beberapa pengerjaan yang membutuhkan waktu lebih lama. Salah satunya adalah pemasangan lift lantaran saat ini lift tersebut masih dalam proses pengiriman ke Indonesia. Selain itu hingga saat ini sudah sekitar 100 lampu yang terpasang dari 400 lampu yang akan dipasang. Menurutnya, pemasangan lampu ini memang membutuhkan waktu lama karena secara paralel juga dilakukan perbaikan struktur atapnya.

“Karena kita harus menyesuaikan dengan berat lampunya yang mencapai 1,2 ton, maka kita harus melakukan perbaikan pada struktur atapnya,” pungkasnya.

Baca Juga: Resmi! Gelora Bung Tomo Jadi Venue Piala Dunia U-20

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya