Satpol PP Perketat Pengawasan Perayaan Hari Valentine 

Jangan sampai ada pelanggaran ketertiban dan prokes

Surabaya, IDN Times - Satpol PP Kota Surabaya mengawasi perayaan Hari Valentine hari ini Senin (14/2/2022). Peringatan hari kasih sayang ini diharapkan tidak menimbulkan gangguan ketertiban dan keamanan masyarakat apalagi menyebabkan potensi penyebaran COVID-19.

1. Satpol PP minta tiap kecamatan diawasi saat Valentine

Satpol PP Perketat Pengawasan Perayaan Hari Valentine Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto. dok. Diskominfo Surabaya.

Kepala Satpol PP Kota Surabaya, Eddy Christijanto menuturkan bahwa pengawasan hari Valentine ini dituangkan dalam Surat Edaran (SE) No 300/867/436.7.1.18/2022. Dalam SE tersebut, Eddy meminta para camat untuk mengawasi wilayahnya masing-masing.

"Poin pertama pada SE tersebut berbunyi, Camat diminta untuk melakukan pengawasan terhadap Hotel atau penginapan yang diduga bisa menjadi tempat prostitusi,” ujarnya, Senin (14/2/2022).

Eddy juga meminta camat mengawasi minimarket yang menjual perlengkapan valentine seperti valentine dan alat peraga kontrasepsi.

“Selanjutnya, poin ketiga, Camat diminta untuk melakukan razia penjualan bunga valentine atau prasarana lainnya di jalan raya, Traffic Light (TL) dan pedestrian yang mengganggu lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan,” jelasnya.

Baca Juga: Meningkat Tajam, Kasus Aktif COVID-19 Surabaya Tembus 2 Ribu

2. Kawasan Suramadu jadi fokus pengawasan di Kecamatan Kenjeran

Satpol PP Perketat Pengawasan Perayaan Hari Valentine ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Camat Kenjeran Kota Surabaya, Nono Indriyatno menambahkan bahwa pihaknya sudah mulai mengawasi warga terutama di kawasan Suramadu yang menjadi lokasi berkumpul. Pengawasan wilayah Suramadu ini memang rutin mereka lakukan terutama di akhir pekan untuk sosialisasi prokes. 

"Tetap kami awasi di kawasan Suramadu, disini juga tidak terlalu ramai dengan keberadaan kafe, tetapi kita tetap memperkuat pengawasan,” sebutnya.

3. Untuk jaga ketertiban masyarakat sekaligus awasi prokes

Satpol PP Perketat Pengawasan Perayaan Hari Valentine Tim Swab Hunter Surabaya menggelar razia protokol kesehatan. Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Selain untuk mengawasi ketertiban masyarakat, Nono mengatakan bahwa pengawasan ini sekaligus untuk mencegah penularan COVID-19. Razia biasanya dilakukan di sekitar pantai dan di bawah Jembatan suramadu. Setiap razia, sekitar 20 personel dari Satpol PP, Linmas, hingga kelurahan diterjunkan.

“Pengawasan ini rutin kami lakukan setiap mendekati valentine, yakni pada malam hari. Saat pandemi COVID-19, kami juga semakin rutin melakukan pengawasan penerapan prokes, dan melakukan swab hunter,” ungkapnya.

Baca Juga: 9 Makanan Khas Surabaya Berbahan Petis Paling Enak, Sudah Coba?

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya