Comscore Tracker

ODP Jember Mudik Lewat Surabaya, Ketahuan dan Disuruh Putar Balik

Ia juga sedang demam

Surabaya, IDN Times - Seorang pemudik berusaha melewati Kota Surabaya untuk menuju Kabupaten Sampang, Rabu (29/4). Namun ia sempat tertahan di posko check point Bunderan Waru lantaran suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celsius dan berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

1. Pengendara bersuhu 38 derajat celsius dihentikan

ODP Jember Mudik Lewat Surabaya, Ketahuan dan Disuruh Putar BalikAdriano Gadini dari Pixabay" target="_blank">https://pixabay.com/

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, Eddy Christijanto menjelaskan, awalnya pemudik berinisial S itu diperiksa lantaran pelat motornya DK. Ketika dicek suhu tubuhnya, rupanya S tengah demam dengan suhu 38 derajat celsius.

"Hari ini kita temukan orang dari luar kota suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat," ujar Eddy, Rabu (29/4).

Baca Juga: 197.951 Orang Dinyatakan sebagai ODP COVID-19 di Indonesia

2. Kantongi surat keterangan ODP

ODP Jember Mudik Lewat Surabaya, Ketahuan dan Disuruh Putar BalikIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

S pun diminta untuk berhenti dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut di posko check point Bundaran Waru. Rupanya, S mengantongi surat keterangan isolasi mandiri selama 15 hari dari Kabupaten Jember lantaran berstatus ODP.

"Setelah itu sempat dicek oleh tim kesehetan," lanjut Eddy.

3. Jadi ODP karena batuk dan demam di Jember

ODP Jember Mudik Lewat Surabaya, Ketahuan dan Disuruh Putar BalikODP asal Banyuwangi yang tertahan di check point Bunderan Waru, Rabu (29/4). Dok Istimewa

Ternyata S adalah seorang pekerja di Banyuwangi yang akan mudik ke Sampang melalui Surabaya. Ia sempat transit di rumah temannya di Jember sebelum melanjutkan perjalanan ke Surabaya. Ternyata di Jember itu lah S mengalami gejala flu, batuk, dan demam sehingga mengantongi status ODP dari Dinkes Jember.

"Yang bersangkutan sudah kita minta kembali karena warga luar kota ya," tutup Eddy.

Baca Juga: Satu ODP Asal DKI Jakarta Terjaring PSBB Surabaya Raya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya