Jumlah Korban Meninggal Akibat Gempa Malang Bertambah Jadi 6 Orang

Korban meninggal dari Lumajang dan Malang

Surabaya, IDN Times - Jumlah korban meninggal akibat gempa Malang, Sabtu (10/4/2021) terus bertambah. BNPB mencatat telah ada 6 orang meninggal dunia dan 1 orang mengalami luka berat setelah tertimpa reruntuhan bangunan.

Baca Juga: Imbas Gempa, Masjid hingga Rumah di Tulungagung Rusak Parah

1. Enam orang tercatat meninggal dunia akibat gempa Malang

Jumlah Korban Meninggal Akibat Gempa Malang Bertambah Jadi 6 OrangIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan bahwa jumlah korban meninggal dunia bertambah setelah sebelumnya 3 orang saja menjadi 6 orang. Korban-korban tersebut berasal dari Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

"Rincian korban meninggal dunia, 3 orang meninggal dunia di Kabupaten Lumajang, sedangkan masing-masing 2 warga meninggal di antara wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang dan 1 di Kabupaten Malang," ujarnya dalam siaran pers BNPB, Sabtu (10/4/2021).

2. Warga mulai mengungsi di Lumajang

Jumlah Korban Meninggal Akibat Gempa Malang Bertambah Jadi 6 OrangIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, BPBD Kabupaten Lumajang mencatat terdapat titik pengungsian di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempur Sari dengan jumlah pengungsi yang belum diketahui. Sedangkan, di Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung belum ada laporan warga yang mengungsi.

"Terkait dengan kerusakan, BPBD beberapa wilayah masih terus melakukan pendataan di lapangan. Informasi sementara, BPBD Kabupaten Tulungagung menginformasikan kerusakan rumah rata-rata pada tingkat rusak ringan," tuturnya.

3. Kerusakan bangunan mulai ringan hingga berat

Jumlah Korban Meninggal Akibat Gempa Malang Bertambah Jadi 6 OrangIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Selanjutnya, di wilayah Kabupaten Trenggalek dan Kota Malang, kerusakan rumah yang dialami warga masih dalam kategori rusak ringan hingga sedang. Kemudian di Kabupaten Lumajang, Malang dan Blitar, tingkat kerusakan rata-rata ringan hingga berat.

"BNPB terus berkoordinasi dan memantau kondisi di lokasi bencana dengan berkoordinasi dengan BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur," pungkasnya.

Baca Juga: Tiga Orang Meninggal Dunia dan Tiga Luka-luka Akibat Gempa Malang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya