Gak Lolos SBMPTN Unair? Pemegang KPIK Bisa Daftar D3 dan D4 lho

Jangan patah semangat, ya!

Surabaya, IDN Times - Para pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KPIK) masih memiliki kesempatan untuk mendaftar di Universitas Airlangga (Unair), meski tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Pemegang KPIK bisa mendaftar pada jalur mandiri D3 dan D4 Unair.

1. Pemegang KPIK bisa daftar D3 dan D4 Unair

Gak Lolos SBMPTN Unair? Pemegang KPIK Bisa Daftar D3 dan D4 lhohttps://www.quipper.com

Rektor Unair Prof Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak., menjelaskan, pada SBMPT 2021 ini terdapat 350 siswa pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KPIK). Terbanyak ada di prodi Ilmu Informasi dan Perpustakaan 37,84 persen, Kesehatan Masyarakat (PSDKU Banyuwangi) 37,50 persen, Bahasa dan Sastra Indonesia, Fisika, Biologi, Akuntansi (PSDKU Banyuwangi), Ilmu Sejarah, Keperawatan, Studi Kejepangan, dan Kimia dengan persentase yang bervariasi. Jumlah ini masih belum memenuhi kuota pemegang KPIK di Unair.

"Dari data ini, maka KIPK masih bisa dimanfaatkan pendaftar di jalur mandiri D3, dan D4,"  ujar Nasih melalui siaran pers Unair, Selasa (15/6/2021).

Baca Juga: 10 Prodi Terketat di SBMPTN Unesa, Gak Lolos Bisa Lewat Jalur Ini!

2. Prodi terketat adalah Farmasi dan Ilmu Komunikasi

Gak Lolos SBMPTN Unair? Pemegang KPIK Bisa Daftar D3 dan D4 lhowww.tanahnusantara.com

 

Di samping itu, sebanyak 2000 orang telah lolos SBMPTN Unair 2021. Dari SBMPTN tahun ini, program studi terketat bidang Saintek adalah Kedokteran, 3,35 persen dan Farmasi 4, 41 persen. Untuk prodi soshum terketat yaitu Psikologi 3,46 persen dan Ilmu Komunikasi 4,20 persen. Dari keketatan prodi tersebut, skor UTBK tertinggi berada pada Prodi Kedokteran dan Prodi Ilmu Komunikasi.

“Nilai tertinggi Saintek berada pada prodi Kedokteran dengan skor 863 dan tertinggi Soshum yaitu Ilmu Komunikasi dengan skor 781,” tutur Nasih.

3. Peserta termuda yang lolos berusia 16 tahun 2 bulan

Gak Lolos SBMPTN Unair? Pemegang KPIK Bisa Daftar D3 dan D4 lhoPengumuman SBMPTN 2021. Senin, 14 Juni 2021 Pukul 15.00 WIB. (Instagram.com)

Pada seleksi kali ini, 5 peserta termuda yang lolos yaitu Aqila Jazilaturrahma Prodi Biologi asal MAS Unggulan Amanatul Ummah dengan usia 15 tahun 11 bulan, Kinanti Pradnya Paramitha Prodi Kedokteran Hewan asal SMAN 1 Kraksaan dengan usia 16 tahun 2 bulan, Mocca Cintaura Prodi Kedokteran Hewan asal SMAN 1 Krian dengan usia 16 tahun 3 bulan, Fatimah Hasya Puspa Kasih Prodi Teknik Biomedis asal MAN 2 Kota Malang dengan usia 16 tahun 5 bulan, dan Dhafina Nadhira Prodi Teknologi Sains Data asal SMAN 1 Banjarmasin dengan usia 16 tahun 6 bulan.

“Kepada siswa yang lolos SBMPTN 2021 segera mengikuti prosedur registrasi dengan menyiapkan dan memenuhi dokumen tertentu yang dibutuhkan. Informasi tersebut dapat dilihat di laman unair.ac.id atau laman ltmpt.ac.id," tutupnya.

Baca Juga: Dari 33.428 Peserta SBMPTN di Unej, Hanya 3.834 yang Lolos 

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya