Antisipasi Virus Corona, Pemkot Surabaya Pasang Westafel Portable

Jangan lupa selalu cuci tangan, ya!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota Surabaya berusaha menanamkan budaya mencuci tangan bagi warganya. Hal ini merupakan salah satu upaya pencegahan penularan virus corona dan mengalihkan ketergantungan masyarakat terhadap masker. Untuk itu, Pemkot Surabaya membuat wastafel untuk cuci tangan di berbagai tempat.

1. Pemkot Surabaya bangun westafel di 39 titik

Antisipasi Virus Corona, Pemkot Surabaya Pasang Westafel PortableKepala Bidang Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya Iman Krestian saat ditemui di kantornya, Senin (9/3). IDN Times/Fitria Madia

Kepala Bidang Bangunan Gedung, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya Iman Krestian menjelaskan, wastafel ini rencananya akan dipasang di 39 fasilitas publik seperti gedung pemerintahan dan sekolah. Hingga saat ini, sudah 19 westafel yang terpasang.

"Ini untuk meningkatkan awareness masyarakat atas pentingnya cuci tangan dan bagaimana cara cuci tangan dengan benar. Dengan banyaknya westafel yang disediakan, harapannya masyarakat akan lebih rutin cuci tangan," ujarnya saat ditemui IDN Times di kantornya, Senin (9/3).

2. Diwajibkan di kantor OPD

Antisipasi Virus Corona, Pemkot Surabaya Pasang Westafel PortableBeberapa westafel yang terpasang di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Saat ini, tempat-tempat yang sudah dipasangi westafel kebanyakan adalah wilayah Pemerintah Kota Surabaya utamanya kantor-kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal ini dikarenakan setiap harinya banyak warga yang mengunjungi kantor OPD sekaligus menjadi contoh bagi masyarakat.

"Selain westafel, kami juga sudah menyediakan sabun serta tata cara mencuci dengan baik dan benar," imbuhnya.

Baca Juga: Bikin Hoaks Ada Pasien Corona di RSUD Soetomo, Perempuan Ini Ditangkap

3. Dibuat portable agar mudah dipindah

Antisipasi Virus Corona, Pemkot Surabaya Pasang Westafel PortableBeberapa westafel yang terpasang di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya. IDN Times/Fitria Madia

Beberapa westafel ini dibuat portable atau tidak permanen. Westafel portable dibuat agar tidak mengganggu bangunan yang telah ada. Selain itu, westafel juga dapat dipindahkan sesuai kebutuhan jika ke depannya dibutuhkan.

"Untuk westafel portable ini juga pembuatannya lebih cepat karena lebih mudah. Sudah bisa digunakan sejak kemarin-kemarin," pungkasnya.

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya