Comscore Tracker

Positif COVID-19, 19 Pegawai Dispendukcapil Kota Pasuruan Diisolasi

Kantor sudah ditutup selama dua minggu

Pasuruan, IDN Times - Sebanyak 19 pegawai Dispendukcapil Kota Pasuruan dinyatakan positif COVID-19. Mereka diduga tertular dari seorang rekannya yang telah meninggal dunia pada 5 Agustus 2020 lalu.

Saat ini kantor Dispendukcapil Kota Pasuruan sudah lockdown. Pelayanan kependudukan di sana dilakukan secara daring hingga 24 Agustus 2020 mendatang.

1. Berawal dari seorang pegawai yang meninggal karena COVID-19

Positif COVID-19, 19 Pegawai Dispendukcapil Kota Pasuruan DiisolasiIlustrasi mayat. IDN Times/Mardya Shakti

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kota Pasuruan, dr. Sherly Marlena menjelaskan, awalnya ada seorang pegawai yang dirawat di RSUD dr. R. Soedarsono, Pasuruan. Pasien tersebut meninggal dunia pada 5  Agustus 2020, sebelum hasil tes swab keluar.

"Hasil tesnya keluar sehari setelah yang bersangkutan meninggal. Dia punya komorbid diabetes dan jantung," jelasnya dihubungi IDN Times, Rabu (12/8/2020).

Sherly mengungkapkan, pegawai tersebut kemungkinan besar tertular dari orang-orang yang datang mengurus dokumen kependudukan. "Di Dispendukcapil kan pelayanan ya, bisa saja tertular dari pengguna layanan," ungkapnya.

2. Langsung lakukan tracing dan menutup kantor Dispendukcapil

Positif COVID-19, 19 Pegawai Dispendukcapil Kota Pasuruan DiisolasiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah hasil swab pegawai tersebut keluar, Gugus Tugas setempat langsung mengambil langkah cepat dengan melakukan tracing. Sebanyak 53 orang di-rapid test. 

"Hasilnya, 22 orang reaktif rapid test. Mereka yang reaktif langsung di-swab," imbuh Sherly.

Dari hasil swab tersebut, sebanyak 19 orang dinyatakan positif COVID-19. Mereka semua tidak memiliki gejala dan telah diisolasi di rumah karantina serta shelter yang disediakan oleh Pemkot Pasuruan.

"Swab 19 orang itu keluar tadi pagi. Karena mereka tanpa gejala, kami tempatkan di rumah karantina dan shelter. Kalau pasien yang punya komorbid, kami tempatkan di rumah sakit," katanya.

Sedangkan kantor Dispendukcapil sendiri ditutup hingga 24 Agustus 2020.

"Kantor langsung ditutup sejak kasus pertama itu muncul. Namun pelayanan tetap berjalan secara online," lanjutnya.

Baca Juga: Dua Klaster Baru COVID-19 Berpotensi Muncul di Kabupaten Pasuruan

3. Terus lakukan upaya tracing

Positif COVID-19, 19 Pegawai Dispendukcapil Kota Pasuruan DiisolasiIlustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Saat ini seluruh pegawai Dispendukcapil Kota Pasuruan yang positif corona itu terus dipantau perkembangan kesehatannya. Secara umum kondisi mereka sekarang sehat.

Kendati demikian, Gugus Tugas terus melalukan upaya tracing. Semua orang yang kontak erat dengan para pegawai tersebut juga dipantau.

"Setelah ini tetap tracing lanjutan, hasil swab kami pantau terus sampai mereka semua sembuh," sebut perempuan yang juga menjabat sebagai Kadinkes Kota Pasuruan tersebut.

Baca Juga: Asli Pasuruan, 10 Potret Manis Pedangdut Tasya Rosmala dan Sang Pacar

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya