Kaleidoskop 2021 Tulungagung, Kasus Antraks hingga Bupati Dihina 

5 Peristiwa selama 2021

Tulungagung, IDN Times - Sejumlah peristiwa terjadi di wilayah Kabupaten Tulungagung selama tahun 2021. Mulai dari peristiwa umum hingga politik mewarnai tahun ini. Beberapa diantaranya menjadi sorotan masyarakat. Selain peristiwa berkaitan dengan COVID-19, terdapat beberapa kejadian lain yang menarik. IDN Times merangkum 5 kejadian menarik selama tahun kerbau logam ini.

1. Penampakan Harimau Jawa di lereng gunung Wilis

Kaleidoskop 2021 Tulungagung, Kasus Antraks hingga Bupati Dihina Petugas BKSDA memasang kamera pengintai di hutan Tulungagung, IDN Times/ istimewa

Pada Bulan Januari masyarakat di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dewa Nyawangan dan Nglurup, Kecamatan Sendang, mengaku melihat penampakan Harimau Jawa. Warga melihat hewan langka ini saat sedang mengambil getah pinus. Pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) memasang kamera trap untuk memastikan hal tersebut. Mereka memasang kamera tersebut di 3 titik berbeda yang diyak ini merupakan jalur perlintasan Harimau Jawa. Namun hingga kamera tersebut dilepas, tidak ditemukan adanya bukti keberadaan hewan ini.

Baca Juga: Bupati Tulungagung Bakal Polisikan Pemilik Akun FB Penghina Dirinya  

2. Dua putra terbaik Tulungagung gugur dalam KRI Nanggala 402

Kaleidoskop 2021 Tulungagung, Kasus Antraks hingga Bupati Dihina Wikimedia.org

Tenggelamnya KRI Nanggala 402 di perairan utara Bali pada bulan April lalu mendatangkan duka tersendiri bagi warga Tulungagung. Dua orang kru kapal selam yakni Kelasi Satu Mohammad Faqihudin Munir dan Sertu Ardi Ardiansyah diketahui berasal dari Tulungagung. Mohamad Faqihudin berasal dari Desa Pulotondo dan Ardi merupakan warga Desa Kromasan, Kecamatan Ngunut. Suasana duka meliputi kedua keluarga korban.

3. Temuan kasus antraks di Tulungagung

Kaleidoskop 2021 Tulungagung, Kasus Antraks hingga Bupati Dihina Agung menunjukkan luka akibat bakteri antraks, IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Temuan kasus penyakit Antraks terjadi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung pada bulan Juni lalu. Sebanyak enam warga terpapar bakteri Antraks yang ditularkan oleh hewan ternak sapi. Sebelumnya puluhan ekor hewan ternak jenis sapi dan kambing mati mendadak di desa tersebut. Pihak Dinas Peternakan setempat melakukan vaksinasi terhadap ribuan ekor hewan ternak sapi di wilayah Kecamatan Pagerwojo. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran penyakit Antraks ke luar desa.

4. Tiga tahun kosong, posisi jabatan Wakil Bupati terisi

Kaleidoskop 2021 Tulungagung, Kasus Antraks hingga Bupati Dihina Contoh surat suara yang akan digunakan dalam pemilihan wakil bupati Tulungagung. IDN Times/ istimewa

Setelah menunggu selama hampir tiga tahun, posisi jabatan Wakil Bupati Tulungagung terisi pada bulan September. Gatut Sunu Wibowo terpilih mengisi kekosongan jabatan tersebut. Proses pemilihan ini dilakukan oleh anggota DPRD Tulungagung. Terdapat dua calon yakni Gatut Sunu Wibowo yang diusung oleh PDIP dan Panhis Yody Wirawan dari Partai Nasdem. Aksi Walk Out calon dari Partai Nasdem mewarnai proses pemilihan. Dari jumlah pemilih sebanyak 49 orang, Gatut memperoleh 34 suara.

5. Bupati dihina sebuah akun facebook

Kaleidoskop 2021 Tulungagung, Kasus Antraks hingga Bupati Dihina Akun yang menghina Bupati Tulungagung. IDN Times/ istimewa

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo melaporkan sebuah akun media sosial Facebook yang menghinyanya. Dalam sebuah komentar, akun bernama Wha Siun Goh Niun ini menuliskan "Kamu baru tahu ya kalai bupati Tulungagung itu selain PEKOK, BODOH Malas juga ngeyel". Maryoto merasa apa yang ditulis akun ini sudah keterlaluan dan tidak pantas lagi. Polisi sendiri hingga saat ini masih menyelidiki pemilik akun tersebut.

Baca Juga: Pria di Tulungagung Meninggal Saat Menonton Timnas Indonesia

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya