Diterjang Banjir, Wisata Pantai Gemah Tulungagung Ditutup

Sejumlah spot di Pantai Gemah rusak diterjang banjir

Tulungagung, IDN Times - Wisata Pantai Gemah di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung terpaksa tutup sementara waktu. Hujan deras yang mengguyur wilayah setempat, Minggu (9/10/2022) malam, menyebabkan kerusakan di pantai tersebut. Beberapa lapak milik penjual mengalami rusak parah karena terkena banjir. Selain itu di beberapa spot juga rusak dan membutuhkan waktu untuk perbaikan. Air bah dari lereng pegunungan yang gundul langsung masuk ke area pantai tersebut.

1. Belasan pengunjung sempat terjebak

Diterjang Banjir, Wisata Pantai Gemah Tulungagung DitutupKerusakan di Pantai Gemah usai banjir kemarin malam. IDN Times/ istimewa

Kepala Desa Keboireng, Supirin mengatakan, saat ini pihaknya bersama dengan Pokdarwis setempat tengah melakukan pendataan pasti jumlah warung yang hanyut terbawa arus banjir kemarin. Dari data sementara terdapat 6 warung yang mengalami rusak parah. Selain itu terpat 12 pengunjung di pantai ini yang sempat terjebak banjir. Mereka berhasil dievakuasi petugas dari BPBD setempat semalam.

"Untuk warung masih kita data jumlah pastinya mas, tadi sekilas ada 6 warung yang terbawa arus, semuanya hilang, ya peralatan, ya kulkas ya lain- lain," ujarnya, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Intip 5 Daya Tarik Pantai Gemah, Wisata Segoro Kidul di Tulungagung

2. Barang dagangan warung hanyut ke laut

Diterjang Banjir, Wisata Pantai Gemah Tulungagung DitutupKerusakan di Pantai Gemah usai banjir kemarin malam. IDN Times/ istimewa

Salah seorang pedagang, Neti Oktaviana (34) mengatakan air banjir mulai menerjang kawasan pantai sejak Minggu malam. Air bah langsung menerjang warungnya hingga jebol. Akibatnya seluruh barang dagangannya hanyut ke laut. Sedangkan untuk barang elektronik masih bisa terselamatkan, meskipun kondisinya rusak akibat terkena air banjir.

"Ketika saya mendapatkan kabar warung jebol, saya tidak bisa ke lokasi. Karena pada saat itu sedang hujan lebat dan akses jalan menuju Pantai Gemah tertutup oleh longsor. Sehingga saya bisa ke warung itu pada pagi hari. Dengan kondisi barang dagangan sudah ludes terbawa air,” tuturnya.

3. Pemkab segera lakukan pembenahan

Diterjang Banjir, Wisata Pantai Gemah Tulungagung DitutupKerusakan di Pantai Gemah usai banjir kemarin malam. IDN Times/ istimewa

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung, Bambang Ernawan mengungkapkan, untuk proses revitalisasi pascabanjir akan segera dilakukan. Hingga saat ini pihaknya masih koordinasi dengan instansi terkait agar penanganan di Pantai Gemah bisa segera selesai. Wisata Pantai Gemah ditutup untuk sementara waktu. Namun, jika kondisi sudah pulih, maka akan segera dilakukan pembukaan segera mungkin. Untuk kerugian material, pihaknya memperkirakan mencapai Rp 1 Miliar lebih.

"Banyak akses yang rusak di Pantai Gemah, seperti jembatan, talut, warung pedagang hingga wahana wisata air yang ada di Pantai Gemah,” pungkasnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Bakso di Tulungagung, Rasanya Eco!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya