Waskita Kebut Pembangunan 3 Tol di Jatim, 2 Hampir Rampung

Tol Probolinggo-Banyuwangi masih dalam pembahasan kontrak

Surabaya, IDN Times - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. terus menggeber pembangunan tiga tol di Jawa Timur (Timur). Ketiganya yakni, tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) sepanjang 38,29 kilometer (km) dengan nilai investasi proyek Rp12,22 triliun, tol Pasuruan-Probolinggo 43,75 km nilai investasi Rp6,36 triliun dan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang sepanjang 163,83 km dengan nilai kontrak Rp1,05 triliun.

1. Tol KLBM seksi 1-3 rampung, seksi 4 terhambat COVID-19

Waskita Kebut Pembangunan 3 Tol di Jatim, 2 Hampir RampungGerbang Tol Lebani Gresik. Dok. Istimewa.

Pembangun Tol KLBM mulai masuk tahap finalisasi. Khusus seksi 1-3 akan dioperasikan akhir November 2020. Ruas tol tersebut akan memberikan aksesibilitas bagi kendaraan logistik ke kawasan industri Java Integrated and Ports Estate (JIIPE), yang merupakan kawasan industri terintegrasi pertama di Indonesia.

"Tol KLBM ini akan segera diresmikan sehingga bisa dibuka untuk umum. Tol ini akan menjadi backbone pada jalur logistik di Jawa Timur,” ujar Direktur Utama Waskita Karya, Destiawan Soewardjono, Selasa (24/11/2020).

Pembangunan Tol KLBM terdiri atas empat seksi. Yakni Seksi 1 Krian-Kedamean-Menganti 9,77 km progres konstruksi 100 persen. Seksi 2 Kedamean-Menganti-Boboh 8,83 km progres 100 persen. Seksi 3 Boboh-Bunder-Sepanjang 10,40 kilometer mencapai 100 persen. Seksi 4 ruas Bunder-Manyar belum bisa dipastikan kapan rampung lantaran terhambat pandemik COVID-19.

2. Tol Pasuruan-Probolinggo sisakan seksi 4 dalam tahap konstruksi

Waskita Kebut Pembangunan 3 Tol di Jatim, 2 Hampir RampungGerbang Tol Lebani Gresik. Dok. Istimewa.

Sementara, pembangunan tol Pasuruan-Probolinggo terdiri atas 4 Seksi. Seksi 1-3 telah beroperasi. Sedangkan seksi 4 masih dalam proses konstruksi. Destiawan menjelaskan, pemegang konsesi proyek ini adalah PT Trans Jawa Paspro Jalan Tol. Ruas tol ini mampu memberikan aksesibilitas yang sangat baik bagi kendaraan logistik.

"Diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kegiatan dan menciptakan kebangkitan perekonomian, serta menciptakan lapangan kerja," katanya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Tol Sumo, 3 Nyawa Melayang Usai Innova Tabrak Truk

3. Tol Probolinggo-Banyuwangi rencanakan dikerjakan dalam waktu 730 hari

Waskita Kebut Pembangunan 3 Tol di Jatim, 2 Hampir RampungIlustrasi Infrastruktur (Jalan Tol) (IDN Times/Arief Rahmat)

Adapun tol Probolinggo-Banyuwangi saat ini masih dalam tahap pembahasan kesepakatan nilai kontrak Rp1,05 triliun. Rencananya, lama pengerjaan akan dilakukan 730 hari kalender. Nantinya, ruas ini akan dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Sedangkan Waskita hanya sebagai kontraktor pada paket I yang dikerjasamakan dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

"Untuk kontrak paket ini sudah dapat namun Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) masih
menunggu dari Jasa Marga," ujar dia.

Baca Juga: Isuzu Elf Ditumpangi 18 Orang Pecah Ban di Tol Jombang, 1 Orang Tewas

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya