Viral Anak Kecil Coblos Surat Suara Pilpres, Diduga di Sampang

Bawaslu masih lakukan penelusuran

Sampang, IDN Times - Beredar viral sebuah video yang menampilkan sejumlah anak kecil yang sedang mencoblos surat suara Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Video itu diunggah di X oleh akun @omongomongcom kemudian dicuitkan ulang oleh pengarang buku Okky Madasari.

Dalam video berdurasi 47 detik itu tampak tujuh orang anak. Beberapa mengambil surat suara di kardus, ada yang membantu membukakan surat suara, kemudian satu orang berperan mencoblos surat suara. Anak itu terlihat mengarahkan paku ke Paslon Presiden - Wakil Presiden 02.

Akun @omongomongcom juga membubuhkan caption dalam unggahannya kalau video itu direkam di Desa Pandan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang. "Kecurangan lain adalah kegiatan pencoblosan surat suara oleh anak2 di bawah umur sebelum hari pencoblosan di desa Pandan, Kec. Omben, Kabupaten Sampang, Madura," tulisnya.

IDN Times mengonfirmasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sampang, namun belum ada respons. Sementara Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jatim Rusmifahrizal Rustam yang dikonfirmasi terpisah bilang, pihaknya telah mengetahui video viral itu.

Rustam menyampaikan kalau pihaknya terus berkoordinasi dengan Bawaslu Sampang terkait kebenaran video tersebut. "Ya lagi dalam penelusuran Bawaslu Sampang," ujarnya saat dihubungi, Kamis (15/2/2024).

Lebih lanjut, Rustam pun meminta agar dugaan kasus kecurangan dalam Pemilu 2024 ini untuk segera ditelusuri secara profesional. "Kita sudah perintahkan kepada Bawaslu Sampang untuk menelusurinya dan kalau ada pelanggaran diproses," tegasnya menambahkan.

Baca Juga: 4 TPS di Sampang Baru Coblosan Hari Ini 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya