Comscore Tracker

Usai PAN-PKB, Machfud Kantongi Rekomendasi Gerindra

Wah, mana nih lawannya masih adem ayem

Surabaya, IDN Times - Ketua DPD Gerindra Jawa Timur (Jatim) Soepriyanto memastikan rekomendasi Bakal Calon Wali (Bacawali) Kota Surabaya ditujukan ke mantan Kapolda Jatim, Machfud Arifin. Kepastian itu ia dapat setelah adanya pembahasan internal partai.

1. Surat rekomendasi masih proses

Usai PAN-PKB, Machfud Kantongi Rekomendasi GerindraFraksi Gerindra (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Meski sudah memastikan mengusung Machfud, Gerindra belum memberikan surat rekomendasinya. Pasalnya surat tersebut sedang dalam proses di DPP. Menurut Ketua DPD Gerindra Jatim Soepriyatno, surat hanya soal teknis dan tidak akan ada perubahan.

“Sejak awal Gerindra proaktif dan intensif komunikasi sejak awal untuk meminta bapak Machfud bersedia menjadi calon Wali Kota Surabaya,” ujarnya, Selasa (21/1).

2. Figur Machfud dinilai paling laik gantikan Risma

Usai PAN-PKB, Machfud Kantongi Rekomendasi GerindraMantan Kapolda Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin saat bertemu dengan DPD PAN Surabaya, Senin (13/1). IDN Times/Fitria Madia

Gerindra optimis, Machfud ialah figur yang paling pantas meneruskan tonggak kepemimpinan Wali Kota Tri Rismaharini. Pria yang juga mantan ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf ini dinilai punya kapasitas membawa Surabaya semakin maju.

“Surabaya itu harus menjadi kota besar Kedua di Indonesia, saat ini surabaya masih menjadi kota besar yang ke 8. Makanya Pemimpin yang mempunya visi yang kuat seperti Pak Machfud yang sangat dibutuhkan oleh Surabaya,” ungkap Soepri.

Lebih lanjut, Machfud juga diyakini dapat mengembangkan potensi yang ada di Kota Pahlawan. Baik dari pengembangan kota hingga sumber daya manusianya (SDM).

“Maka dari itu, kita butuh Pemimpin yang berani melakukan lompatan untuk menjadikan Surabaya lebih baik dan kriteria itu ada di Bapak Machfud,” tambahnya.

3. Machfud dinilai bisa jawab tantangan pimpin Surabaya

Usai PAN-PKB, Machfud Kantongi Rekomendasi GerindraMantan Kapolda Jawa Timur dan juga Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin Jatim, Machfud Arifin saat ditemui di DPD Partai Gerindra Jatim, Sabtu (11/1). IDN Times/Fitria Madia

Tak lupa, Soepri mengingatkan bahwa menjadi pemimpin di Surabaya banyak sekali tantangannya. Terlebih, berbagai prestasi yang telah dituai oleh Risma harus dipertahankan bahkan ditingkatkan. Ia yakin Machfud memiliki pandangan atau visi untuk Surabaya jangka panjang.

“Surabaya ini selain banyak potensi juga banyak tantangan yang harus dijawab dan permasalahan yang harus segera diselesaikan, Partai Gerindra sangat yakin Bapak Machfud mampu memimpin Surabaya menjadi semakin maju,” bebernya.

Baca Juga: Pilwali Surabaya, PAN Resmi Beri Rekomendasi Machfud Arifin

4. PAN dan PKB sudah berikan rekomnya

Usai PAN-PKB, Machfud Kantongi Rekomendasi GerindraPKB berikan surat rekomendasi kepada Bacawali Kota Surabaya Machfud Arifin, Minggu (19/1) malam di Jakarta. Dok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Machfud telah mendapat rekomendasi Bacawali Kota Surabaya dari dua partai politik (parpol). Yaitu PAN dan PKB. Jika surat rekomendasi resmi turun, maka kursi untuk mengusung Machfud dalam Pilwali 2020 sudah cukup, 13 kursi.
Rinciannya PAN tiga kursi, PKB lima kursi dan Gerindra lima kursi.

Baca Juga: Rekomendasi "Surat Cinta" PKB Resmi Turun ke Machfud Arifin

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya