Comscore Tracker

Pilwali 2020, PDIP Surabaya Umumkan Calonnya Bulan Ini

Sudah ada tiga orang yang mengambil formulir

Surabaya, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih melakukan penjaringan Bakal Calon Wali (Bacawali) Kota Surabaya. Penjaringan ini dilakukan secara tertutup sesuai kesepakatan yang ada di DPC PDIP Surabaya. Artinya, penjaringan ini hanya untuk kader partai berlambang kepala banteng saja.

 

1. Penjaringan tertutup disepakati di Rakorcab

Pilwali 2020, PDIP Surabaya Umumkan Calonnya Bulan IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan sistem sudah sesuai arahan Wakil Ketua DPD PDIP Jatim Bidang Organisasi Wisnu Sakti Buana. Arahan itu disampailan saat Rakorcab DPC PDIP Surabaya yang dihadiri seluruh ketua PAC dan ranting PDIP di Surabaya.

"Semuanya sudah sesuai dengan Rakorcab yang melibatkan PAC dan ranting PDIP se-Surabaya," ujarnya, kemarin (9/9).

Baca Juga: Putra Mahkota Dahlan Iskan Angkat Bicara Soal Pilwali Surabaya

2. Pendaftaran sudah dibuka, ada tiga nama ambil formulir

Pilwali 2020, PDIP Surabaya Umumkan Calonnya Bulan IniIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Awi sapaan akrab Adi Sutarwijono ini menambahkan, untuk penjaringan Bacawali sudah dilakukan sejak tanggal 5 September, lalu. Rencananya, batas akhir penjaringan ialah sampai tanggal 14 September 2019.

"Sampai sekarang masih 3 orang yang mengambil formulir pendaftaran yaitu Whisnu Sakti Buana Wakil Wali Kota Surabaya yang mendaftar sebagai Cawali. Kemudian Eddy Tarmidzi Wakil Ketua DPD PDIP Jatim dan Armuji anggota DPRD Jatim. Keduanya mendaftar sebagai Cawali," ungkapnya.

3. Calon non partai bisa mendaftar lewat DPP atau DPD

Pilwali 2020, PDIP Surabaya Umumkan Calonnya Bulan IniIDN Times/Daruwaskita

 

Mantan Wakil Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini juga menyampaikan selain DPC PDIP Kota Surabaya, penjaringan juga dilakukan oleh DPD PDIP Jatim dan DPP PDIP. Meski tertutup, tidak menutup kemungkinan kandidat di luar partai bisa mendaftar lewat DPD atau DPP.

"Semestinya kandidat diluar kader bisa mendaftar lewat dua institusi itu. Tapi bukan domain saya untuk menjelaskan" kata Awi.

4. Hasil penjaringan DPC dikirim ke DPD dan DPP, diputuskan 23 September 2019

Pilwali 2020, PDIP Surabaya Umumkan Calonnya Bulan IniIDN Times/Maulana

 

Lebih lanjut, terkait batas waktu penjaringan, DPC PDIP Kota Surabaya akan meneruskan minimal 2 kandidat. Entah itu pasangan Cawali dan Cawawali atau keduanya Cawali hasil penjaringan ke DPD PDIP Jatim pada tanggal 16 September 2019. Oleh DPD PDIP Jatim nantinya akan diteruskan ke DPP PDIP sebagai pengambil keputusan.

"Sesuai aturan PDIP nomor 24 tahun 2017, figur kandidat nantinya akan diputuskan tanggal 23 September 2019. Selang 12 bulan sebelum Pilwali Surabaya tanggal 23 September 2020" pungkas Awi.

Baca Juga: "Anak Emas" Risma hingga Pengacara, Kenali Bacawali Kota Surabaya

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You