Pesan Rektor ke IKA Unair: Pikirkan Gaji Alumni!

Khofifah mengajak seluruh alumni strong partnership 

Surabaya, IDN Times - Rektor Universitas Airlangga (Unair), Prof M. Nasih menyampaikan, keberadaan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) bukan hanya untuk lembaga internal saja. Namun juga harus hadir bagi almamater bangsa dan negara.

"Yang dibesarkan jangan hanya organisasi IKA Unair saja, tapi juga perlu hadir untuk berbakti dan membesarkan almamater serta negara Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (12/9/2021).

1. Masih banyak alumni yang kerja dengan gaji minim

Pesan Rektor ke IKA Unair: Pikirkan Gaji Alumni!Pelantikan Pengurus Pusat Ikatan Alumni universitas Airlangga periode 2021-2025. Dok. Istimewa.

Sekarang ini, kata Nasih, masih banyak yang membutuhkan uluran tangan dari para alumni. Di antaranya berkaitan dengan lamanya waktu tunggu bagi lulusan S1. Lalu berkaitan dengan besaran gaji pertama bagi sebagian alumni yang belum cukup tinggi.

"Saya berharap alumni mampu membantu persoalan employability ini dengan menarik atau menggandeng sebaik-baiknya para lulusan S1. Kalau alumninya saja tidak percaya dengan kemampuan para adiknya, bagaimana dengan pihak lain," katanya.

Baca Juga: Khofifah Terpilih Jadi Ketum Ikatan Alumni Unair

2. Ajak jalin strong parntership

Pesan Rektor ke IKA Unair: Pikirkan Gaji Alumni!Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unair, Khofifah Indar Parawansa. Dok. Istimewa.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unair, Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh alumni melakukan strong partnership dalam konektivitas perguruan tinggi agar dunia usaha, industri, dan kerja dapat terkoneksi lebih cepat dan intensif.

"Jejaring dan update dinamika sangat penting. Nanti saya ingin bangun penguatan di sentra-sentra di mana mereka sudah terkoneksi dengan dimensi strategis," ucapnya.

3. Segera lakukan pemetaan

Pesan Rektor ke IKA Unair: Pikirkan Gaji Alumni!Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unair, Khofifah Indar Parawansa melantik pengurus. Dok. Istimewa.

Gubernur Jatim ini  juga akan memetakan alumni agar dapat berkontribusi di bidang industri manufaktur, terutama penguatan alumni Unair di luar Surabaya. "Saya identifikasi banyak teman IKA Unair di Jakarta, tapi kita butuh pemetaan supaya pesan rektor tersampaikan," katanya.

"Industri manufaktur ini sentralnya di Surabaya, banyak yang mulai kontruksi besar-besar. Saya bilang ke rektor kita akan bersambung. Dunia kerja ini bersambung," dia menambahkan.

4. Serapan kerja alumni Unair jadi salah satu tugas pengurus IKA

Pesan Rektor ke IKA Unair: Pikirkan Gaji Alumni!Pexels.com/Soumil Kumar

Sekjen IKA Unair, Indra Nur Fauzi membenarkan bahwa tantangan IKA Unair saat ini masih banyak alumni kampus yang belum memiliki pekerjaan dengan gaji yang memadai. Pihaknya pun mengakui sebagai pengurus IKA Unair, hal ini sudah menjadi salah satu tugasnya.

"Tentu itu tugas kita untuk support. Kami ada kemitraan dengan usaha swasta dan pemerintah juga LSM, ada juga pengembangan usaha mandiri. Kita akan intensif dengan kampus dan pihak terkait mana kira-kira alumni bisa men-support kepentingan dari kampus," katanya.

Baca Juga: 8 Kandidat Calon Ketua IKA Unair, Ada Nama Khofifah Lho!

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya