Ledakan di Mojokerto Dipastikan Elpiji, Begini Kronologinya

Ledakan berasal dari gas elpiji yang bocor

Mojokerto, IDN Times - Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Rofiq Ripto Hiwaman mengonfirmasi bahwa telah terjadi ledakan di salah satu rumah di Jalan Karyawan, Nomor 51 Kelurahan Sentanan Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto pada pukul 00.30, Minggu (12/9/2021). Penyebab ledakan itu sudah terindentifikasi.

1. Dipicu elpiji bocor dan arus pendek listrik

Ledakan di Mojokerto Dipastikan Elpiji, Begini KronologinyaSisa ledakan di salah satu rumah di Jalan Karyawan, Nomor 51 Kelurahan Sentanan Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. Dok. Humas Polres Mojokerto Kota.

Rofiq--panggilan akrabnya- mengatakan bahwa hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), ledakan tersebut berasal dari gas elpiji yang bocor. Kemudian terpicu oleh arus pendek listrik yang ada di otomatis mesin pompa air.

"Kami pastikan di TKP nihil bahan peledak," ujarnya saat dikonfirmasi tertulis.

Baca Juga: Ledakan Hebat Hancurkan Rumah di Mojokerto

2. Ledakan terjadi dini hari

Ledakan di Mojokerto Dipastikan Elpiji, Begini KronologinyaKapolres Mojokerto Kota, AKBP Rofiq Ripto Hiwaman saat meninjau lokasi ledakan elpiji di salah satu rumah warga Mojokerto. Dok. Humas Polres Mojokerto Kota.

Ledakan itu sendiri, sambung Rofiq, terjadi di rumah milik Oentoro Wibowo. Ia menyampaikan, kronologi kejadian saat pemilik rumah bersama istri sedang tidur di kamar, dan anaknya, Riki Wibowo sedang menonton YouTube di kamarnya mendengar ledakan keras sekitar  pukul 00.30 WIB.

"Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh warga sekitar bahwa bunyi ledakan terdengar sebanyak dua kali yang pertama terdengar sangat keras dan yang kedua  tidak begitu keras," katanya.

3. Bagian rumah rusak, korban nihil

Ledakan di Mojokerto Dipastikan Elpiji, Begini KronologinyaKapolres Mojokerto Kota, AKBP Rofiq Ripto Hiwaman saat meninjau lokasi ledakan elpiji di salah satu rumah warga Mojokerto. Dok. Humas Polres Mojokerto Kota.

Akibat ledakan tersebut, rumah Oentoro mengalami beberapa kerusakan. Antara lain, tembok belakang retak, jendela dalam dan depan rumah kaca pecah serta tralis jendela lepas, seluruh kaca pecah berhamburan, lintu dapur  terpental hingga 5 meter ke arah selatan.

"Kemudian atap plafon jebol dan rusak di beberapa sudut," ucap Rofiq. Terkait korban jiwa dipastikan nihil.

Baca Juga: Luka Bakar hingga Berujung Maut, 8 Ledakan Bom Bondet di Pasuruan

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya