Erupsi Empat Kali, Gunung Raung Masih Level 1

Semoga tak bangun lagi

Bondowoso, IDN Times - Gunung Raung dilaporkan mengalami erupsi sejak Rabu (27/7/2022). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur (Jatim) pun ikut melakukan pemantauan terhadap peningkatan aktivitas gunung yang meliputi tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Berdasarkan pantauan BPBD Jatim dari Bondowoso, gunung dengan ketinggian 3.332 meter ini telah mengalami empat kali erupsi pada pukul 17.19 - 17.28 WIB, Rabu (27/7/2022). Ketika erupsi, Gunung Raung memuntahkan abu dengan ketinggian kolom 1.500 meter di atas puncaknya.

"Terjadi hujan abu mengarah ke barat laut lereng Gunung Raung," ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim, Sriyono kepada IDN Times, Kamis (28/7/2022).

Saat ini, Sriyono menyebut kalau kondisi Gunung Raung mulai relatif aman. Beberapa erupsi susulan sudah terjadi pada Rabu malam. "Status Gunung Raung normal aktif berada di Level 1. Untuk aktivitas warga masih berjalan normal," kata dia.

Terkait korban akibat peningkatan aktivitas Gunung Raung, Sriyono menegaskan nihil. "Korban nihil. Dampaknya sejauh ini hanya hujan abu di sekitar lereng Gunung Raung," Siryono menambahkan.

Lebih lanjut, sambung Sriyono, pihaknya dalam hal ini BPBD Jatim akan terus berkoordinasi dengan Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Raung. "Serta Pusdalops BPBD Kabupaten Banyuwangi dan Pusdalops BPBD Kabupaten Bondowoso," pungkasnya.

Baca Juga: Raung Erupsi, Abu Vulkaniknya Terbawa Terbang Hingga 40 Kilometer

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya