Comscore Tracker

8 Mobil Dipaksa Putar Balik di Bundaran Waru

Mereka tak bisa tunjukkan surat keterangan

Surabaya, IDN Times - Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Teddy Chandra menyampaikan bahwa pihaknya telah memutarbalikkan delapan mobil dengan plat nomor non-Surabaya, Sidoarjo dan Gresik (L dan W). Kedelapannya tidak bisa menunjukkan surat keterangan jalan atau kerja saat diperiksa di Bundara Waru depan Mal City of Tomorrow (Cito) Surabaya.

"Kalau untuk pagi ini kita lihat sekitar 8 kendaraan yang kita putar balikkan dari jam 07.00 WIB," ujarnya saat di Bundaran Waru, Kamis (6/5/2021).

1. Belum menemukan indikasi pemudik dan travel gelap

8 Mobil Dipaksa Putar Balik di Bundaran WaruSuasana penyekatan di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, tepatnya di depan Mal City of Tomorrow, Kamis (6/5/2021). IDN Times Ardiansyah Fajar

Sejauh ini, kata Teddy, pihaknya belum menemukkan indikasi warga yang melakukan mudik. Petugas juga belum menjaring travel dari luar kota maupun luar provinsi yang keluar masuk Kota Surabaya sejak disekatnya perbatasan pada pukul 00.00 WIB.

"Untuk travel, saat ini belum ada karena juga perlu diketahui di batas provinsi kota telah dilakukan penyekatan," kata dia.

2. Sebanyak 13 titik masuk Surabaya dijaga

8 Mobil Dipaksa Putar Balik di Bundaran WaruSuasana penyekatan di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, tepatnya di depan Mal City of Tomorrow, Kamis (6/5/2021). IDN Times Ardiansyah Fajar

Penyekatan sendiri dilakukan Polrestabes, TNI, Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP dan BPB Linmas Surabaya di 13 titik penyekatan selama Operasi Ketupat Semeru 2021. Yakni mulai 6-17 Mei 2021. "Salah satunya di gerbang utama pintu masuk Kota Surabaya itu di Bundaran Waru ini," ucap Teddy.

Baca Juga: 17 Titik Penyekatan di Surabaya, 411 Personel Pemkot Disiagakan

3. Ketahuan mudik langsung putar balik, jika travel akan ditilang dan disita

8 Mobil Dipaksa Putar Balik di Bundaran WaruSuasana penyekatan di perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo, Kamis (6/5/2021). IDN Times Ardiansyah Fajar

Selain akses masuk utama di Bundaran Waru, beberapa pintu keluar tol juga terlihat dijaga oleh polisi. Pantauan IDN Times di lokasi, pintu tol yang dijaga ialah Gunungsari, Jambangan, Waru dan Satelit. Jika ditemui pemudik, petugas jaga tidak segan menyuruh putar balik.

"Seperti aturan atau yang telah dikeluarkan pemerintah jadi untuk warga yang akan mudik untuk kendaraan pribadi akan dilakukan pemutarbalikan," tegasnya.

Kemudian untuk yang menggunakan travel, akan dilakukan tindakan represif berupa penindakan dengan tilang. Sementara kendaraan bermotornya atau mobil travelnya akan disita dan dilepas sampai Operasi Ketupat 2021 selesai.

"Sesuai hasil rapat dengan pemerintah kota kita akan melakukan karantina di asrama haji (untuk penumpang dan pengemudi travel)," pungkasnya.

Baca Juga: Hari Pertama Penyekatan, Beberapa Mobil Diminta Putar Balik

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya