2 Jemaah Jatim Wafat di Madinah, 1 Orang Sudah Lansia

InsyaAllah husnul khotimah

Surabaya, IDN Times - Dua jemaah haji asal Jawa Timur (Jatim) wafat di Madinah pada Minggu (28/5/2023). Jemaah yang wafat asal Bangkalan, Langen Delem Dussalam (90) dan asal Gresik, Suhadak Riduwan (53).

Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, Husnul Maram memgatakan, jemaah yang meninggal dimakamkan di Madinah. "InsyaAllah husnul khotimah karena meninggal dalam momen melaksanakan ibadah haji di tempat yang penuh barokah yakni Madinah," ujarnya.

Hingga hari ini, jemaah haji Jawa Timur yang meninggal di daerah sejumlah tiga orang. Satu jemaah meninggal dunia saat di Asrama Haji. Sementara di Tanah Suci sejumlah dua orang.

Pada kesempatan  ini Husnul Maram berpesan kepada jemaah agar menjaga kondisi kesehatan selama di tanah suci. "Suhu di sana sangat panas sekitar 42'C sampai lebih dari 50'C. Karena itu jemaah harus banyak minum air untuk mencegah dehidrasi" pesannya.

Maram juga mengingatkan agar jemaah tidak lupa memakai alas kaki karena suhunya yang cukup tinggi.

" Alas kaki dibawa sendiri-sendiri, jangan dititipin ke teman atau suami atau atau istri ketika masuk ke masjid sehingga ketika keluar masjid sudah ada alas kakinya, tidak terbawa orang lain. Kalau tidak memakai alas kaki, telapak kaki bisa melepuh," Jelasnya.

Maram juga berpesan agar jemaah haji memanfaatkan waktu sebaik mungkin supaya ketika melaksanakan kegiatan inti ibadah haji, tubuh tetap fit.

Sementara itu, Asrama Haji Embarkasi Surabaya hingga hari ini, Minggu  telah memberangkatkan 11 kloter denga total 4.906 orang yang terdiri dari 4.851 jemaah dan 55 petugas.  Ada tuga kloter yang masuk, kloter 12 asal Blitar, kloter 13 asal Blitar dan Magetan, serta kloter 14 dari Magetan.

Baca Juga: 2.465 CJH Jatim Belum Lunasi Biaya Haji

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya