TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polres Mojokerto Bentuk Tim Khusus Penanganan Jenazah COVID-19

Sudah terlatih dan siap bantu petugas medis rumah sakit

Simulasi penanganan jenazah COVID-19. IDN Times/Polres Mojokerto

Mojokerto, IDN Times - Sebagai bentuk antisipasi dan kesiapan personel dalam penanganan virus corona atau COVID-19, Polres Mojokerto telah membentuk dan menyiapkan tim khusus (timsus). Tim tersebut bertugas untuk menangani pasien COVID-19 yang meninggal dunia.

1. Timsus dilengkapi APD sesuai standar

Ilustrasi polisi memakai APD COVID-19. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Kapolres Mojokerto AKBP Feby DP Hutagalung menyampaikan, timsus penanganan pemakaman jenazah korban COVID-19 tersebut berjumlah delapan orang. Secara khusus mereka memang disiapkan dan dibekali tentang prosedur penanganan hingga pemakaman jenazah COVID-19.

"Personel yang kami siapkan ini telah kami berikan pelatihan dan telah kami bekali dengan pengetahuan prosedur penanganan jenazah COVID-19. Mereka juga telah dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) sesuai standar yang telah ditentukan," terang Feby, Jumat (17/4).

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Asal Mojokerto Dirawat di RSUD Sidoarjo

2. Timsus sebagai petugas cadangan membantu petugas rumah sakit

Ilustrasi protokol pemakaman jenazah COVID-19. Dok. IDN Times

Timsus yang dibentuk telah melakukan praktik simulasi penanganan, serta pemakaman jenazah kemarin Kamis (16/4). Feby menambahkan, pihaknya akan terus mengevaluasi jika ada kekurangan dari timsus tersebut. Harapanya, timsus tersebut tidak lagi canggung dan ragu-ragu dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

"Tugas dari tim ini adalah sebagai petugas tenaga cadangan untuk melakukan pemakaman korban COVID-19. Apabila sewaktu-waktu diperlukan untuk membantu petugas rumah sakit ataupun tim dari instansi pemerintah dalam proses pemakaman jenazah COVID-19 di Kabupaten Mojokerto, timsus siap," ujarnya.

Baca Juga: 1 PDP Mojokerto Meninggal Dunia, Dimakamkan Sesuai Protokol COVID-19

Berita Terkini Lainnya