TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Belum Siap, Satu Jamaah asal Madiun Tunda Keberangkatan Haji

Tidak mengonfirmasi keberangkatan

Ilustrasi Suasana Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Madiun, IDN Times - Seorang jemaah calon haji asal Kabupaten Madiun menunda keberangkatannya ke Tanah Suci tahun ini. Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umrah (Kasi PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat, Tawwabin mengatakan bahwa pihak yang bersangkutan tidak melakukan konfirmasi keberangkatan.

"Satu menunda keberangkatannya karena tidak siap dan memilih berangkat tahun depan. Sebenarnya biayanya sudah lunas," kata dia, Rabu 25 Mei 2022.

1. Sebanyak 153 JCH siap berangkat

Suasana Masjid Nabawi, Madinah (IDN Times/Umi Kalsum)

Ditanya tentang alasan pasti dari seorang JCH yang memilih menunda keberangkatan, Tawwabin enggan menjelaskannya. Ia menyatakan hal itu tidak etis karena merupakan privasi seseorang.

Adapun jumlah JCH yang hampir dipastikan berangkat tahun ini dinyatakan sebanyak 153 orang. Jumlah itu termasuk 13 untuk kuota cadangan dan empat petugas haji daerah (PHD). Mereka dijadwalkan masuk Asrama Haji Sukolilo, Surabaya pada 7 Juni 2022.

Baca Juga: Paspor Salah Tahun, Satu Jemaah di Tulungagung Batal Haji Tahun Ini 

2. Dilepas dari Pendapa Ronggo Djumeno Pemkab Madiun

Pelepasan JCH dari Pendapa Ronggo Djumeno, Madiun, 2019.Dok

Untuk pelepasan JCH direncanakan dari Pendapa Ronggo Djumeno Kabupaten Madiun di Caruban. Sebab, sarana pengangkutnya dari Madiun ke Surabaya disediakan oleh pihak pemkab. Ini seperti tahun - tahun sebelumnya ketika pemberangkatan JCH.

Namun demikian, jumlah yang diberangkatkan lebih sedikit dibanding dengan sebelum adanya penutupan akses badah haji oleh pemerintah Arab Saudi pada 2020 dan 2021. Hal ini dampak dari Pandemik COVID-19.

Baca Juga: Paspor Salah Tahun, Satu Jemaah di Tulungagung Batal Haji Tahun Ini 

Verified Writer

Nofika Dian Nugroho

Penulis lepas yang tinggal di Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya