TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kearifan Lokal, Bangkalan Diusulkan Gunakan Branding Kota Besi Tua

Bangkai Transformer aja bisa jadi duit sama orang Bangkalan

IDN Times/Musthofa Aldo

Bangkalan, IDN Times - Tim Fakuktas Ilmu Komunikasi, Universitas dr Soetomo Surabaya, meneliti dan mengkaji dunia pariwisata Kabupaten Bangkalan. Tujuannya, untuk mencari city branding Bangkalan sebagai destinasi wisata. Tim yang beranggotakan Farida, R. Hartono Eko Mulyono dan Zulaikha itu akan melakukan penelitian mulai 2018 hingga 2020. 

1. Hasilkan dua desain Branding

IDN Times/Musthofa Aldo

Tahun pertama penelitian, tim menghasilkan dua desain branding. Pertama sebagai wisata religi, karena selama ini telah berjalan dan ramai dikunjungi wisatawan.

Kedua sebagai kota loak dan besi tua. Tema ini dipilih karena selama ini mata pencaharian orang Madura identik dengan besi tua. Ditambah lagi, di kecamatan Kamal terdapat tempat "penyembelihan" bangkai kapal yang bila dikelola bisa menjadi obyek wisata.

"Kota Loak dan Besi Tua ini unik, belum ada yang memakainya," kata Zulaikha, salah satu peneliti, saat mendiskusikan hasil penelitiannya dalam satu forum diskuai dengan berbagai pihak di Bangkalan, Rabu, (14/10)
 

2. Pariwisata Bangkalan masih minus

IDN Times/Musthofa Aldo

Penelitian ini juga membuat kesimpulan yaitu mayoritas lokasi wisata di Bangkalan belum tergarap maksimal. Seperti akses jalan belum memadai, juga sebagian besar belum memiliki toilet umum.

Padahal, obyek wisata di Bangkalan terbilang lengkap, selain wisata religi, juga ada wisata alam, pantai juga hutan. "Kalau dinilai antara plus dan minus, maka mayoritas nilainya minus," ungkap Zulaikha. 
 

Berita Terkini Lainnya