TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

767 ribu Pemilih Akan Cobos Ulang Pilkada Sampang

Dianggap rawan, 5500 pasukan dikerahkan

IDN Times/Musthofa Aldo

Sampang, IDN Times - Jumlah Pemilih untuk Pilkada Ulang Kabupaten Sampang telah ditetapkan. KPU Sampang menyebut ada sebanyak 767.032 orang pemilih. Rinciannya, 377.998 laki-laki dan 389.034 perempuan. Mereka akan mencoblos di 1450 TPS di 186 desa pada 27 Oktober mendatang.

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Sampang, Addy Imansyah mengatakan, jika dibandingkan dengan DPT Pilkada sebelumnya yaitu 803.449 orang, maka berkurang sebanyak 36.467 pemilih.

1. Ada pemilih baru sebanyak 5.020 orang

IDN Times/Musthofa Aldo

Menurut Addy, ada beberapa pencoretan sebelum DPT disahkan. Mereka yang dicoret umumnya karena beridentitas ganda, meninggal dunia atau pindah domisili. Sedangkan untuk pemilih baru bertambah sebanyak 5.020 orang.

Menurut Addy, DPT Perubahan ini telah diplenokan pada Selasa malam yang dihadiri semua tim pasangan calon. Bahkan mereka dilibatkan sejak awal, mulai validasi di tingkat desa, pencermatan di tingkat PPS hingga ke kabupaten. 

Baca Juga: KPU Putuskan Pilkada Ulang Sampang Digelar 27 Oktober

2. DPT dilaporkan ke MK dan Kemendagri

IDN Times/Musthofa Aldo

Setelah diplenokan, selanjutnya DPT perubahan itu akan diserahkan ke MK, Dirjen Dukcapil Kemendagri, KPU dan Bawaslu RI. Addy meyakini DPT baru itu valid dan prosesnya bisa dipertanggung jawabkan.

"Tapi kami tetap menerima koreksi sampai H-1 sebelum pencoblosan. Misalnya masih ada nama yang belum tercantum di DPT. Terpenting, konsekuensinya tidak mengurangi jumlah DPT," kata dia, Rabu, (17/10).

Baca Juga: Pilkada Ulang Sampang, Polri dan TNI Turunkan Ribuan Personel

Berita Terkini Lainnya