TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Puncak Mudik Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk Diprediksi pada H-2

PT ASDP menyiapkan 57 armada kapal penyeberangan Jawa-Bali

Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Banyuwangi, IDN Times - Puncak arus mudik penyeberangan Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk yang menghubungkan Pulau Jawa-Bali diprediksi bakal mengalami kepadatan pada H-2 lebaran. General Manager PT ASDP Ketapang, Fahmi Alweni mengatakan, peningkatan arus mudik terutama terjadi dari arah Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju-Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.

"Prediksi kami puncak keberangkatan terjadi pada H-3 dan H-2. Namun puncak tertinggi akan terjadi H-2, itu dari Gilimanuk ya," kata Fahmi saat dikonfirmasi, Rabu (29/5).

Baca Juga: Diprediksi Naik 3 Persen, Pelindo III Beri Inovasi Pelayanan Mudik

1. Saat ini masih lengang

IDN Times/Mohamad Ulil Albab

 

Sementara untuk kondisi saat ini, arus mudik dari Pelabuhan Ketapang terpantau masih lengang. Keberangkatan dari Ketapang menuju Gilimanuk didominasi kendaraan truck pengangkut barang logistik. Sementara kendaraan roda 2 maupun roda 4 sudah mulai mengalami peningkatan rendah.

"Dari Gilimanuk ke Ketapang sekarang sudah mulai terasa (naik), dari roda 2, kemudian roda 4 pribadi. Bahkan bus juga sudah cukup mulai mengalir. Peningkatan masih rendah sekitar 1 sampai 2 persen," jelasnya.

2. Arus balik diprediksi pada pada H+16

IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Berbeda dengan arus mudik, arus balik nanti hingga operasi pengamanan selesai, kepadatan arus dari Ketapang menuju Gilimanuk biasanya terus padat. "H+16 itu puncak tertinggi di Ketapang," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Hari Nyepi, 137 Ribu Penumpang Seberangi Ketapang - Gilimanuk 

Berita Terkini Lainnya