TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buah Ketekunan Mbah Lahar, Haji dari Hasil Jualan Kipas Bambu

Mbah Lahar menjadi sosok calon jamaah haji inspiratif

Mbah Lahar penjual kipas angin bambu saat menerima penghargaan dari Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. IDN Times/Imron

Lamongan, IDN Times - Kisah perjuangan Mbah Lahar untuk bisa menunaikan ibadah haji patut untuk kita tiru. Bayangkan saja, penghasilannya dari berjualan kerajinan kipas bambu dan kemoceng ditabungnya demi bisa menunaikan rukun Islam yang ke-5. 

1. Mbah Lahar juga merupakan salah satu CJH tertua

Mbah Lahar penjual kipas angin bambu saat foto bersama Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. IDN Times/Imron

Mbah Lahar bin Lasidin merupakan warga Kecamatan Sukodadi, Lamongan. Ia juga menjadi salah satu calon jemaah haji tertua di Lamongan dengan usia 88 tahun. Mbah Lahar berangkat hari ini Jumat (2/6/2023) bersama ratusan Calon Jemaah Haji (CJH) ke Asrama Haji Sukolilo.

"Selain Mbah Lahar, ada Mbah Sukur yang menjadi sosok calon jemaah haji tertua di Lamongan dan inspiratif. Mbah Sukur yang berusia 98 tahun dan menjadi jemaah haji tertua tetapi semangat dan kuat untuk ibadah haji," kata Kepala Kemenag Lamongan Syamsuri saat pelepasan calon jemaah haji asal Lamongan di Pendopo Lokatantra Lamongan.

2. Mbah Lahar menjadi sosok calon jemaah haji inspiratif

Mbah Lahar penjual kipas angin bambu saat menerima penghargaan dari Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. IDN Times/Imron

Selain itu, pria yang setiap harinya berjualan kerajinan kipas bambu dan kemoceng di perempatan lampu merah Jalan Basuki Rahmat, atau tepatnya di depan DPRD Lamongan juga menjadi inspirasi bagi jemaah lain.

"Mbah Lahar menjadi sosok yang inspiratif karena semangat menabungnya yang tinggi agar bisa menunaikan ibadah Haji," terangnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Miqat Ihram di Bir Ali Madinah, Bersiap Umrah Wajib

Verified Writer

Imron Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya