TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Surabaya Rawan Gempa, Ini Cara Risma Antisipasi

Surabaya dilewati dua sesar aktif

IDN Times/Fitria Madia

Surabaya, IDN Times - Warga Surabaya akhir-akhir ini dibuat was-was tentang temuan bahwa Kota Surabaya sebenarnya dilewati dua sesar aktif yang berpotensi menimbulkan gempa bumi. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengaku telah mengetahui hal ini dan telah melakukan beberapa hal untuk mengantisipasi terjadinya gempa bumi di Kota Surabaya.

Baca Juga: Pakar ITS Sebut Tanah di Surabaya Juga Rawan Alami Likuifaksi

1. Langkah pencegahan sudah disiapkan

IDN Times/Fitria Madia

Risma mengatakan bahwa daripada langkah pendeteksian, pihaknya saat ini lebih berfokus pada pengantisipasian. Setelah berkonsultasi dengan para ahli, akhirnya Risma memutuskan langkah selanjutnya untuk mengantisipasi terjadinya gempa bumi di Surabaya.

"Kita akan buat sumur-sumur dan ada beberapa program yang saya juga baru tahu seperti taman, hutan kota, dan juga embung itu bisa berpengaruh," ungkapnya ketika ditemui usai kunjungan Pemkab Semarang di ruang kerjanya, Selasa (16/10).

2. Titik rawan akan dibangun sumur-sumur

IDN Times/Fitria Madia

Selain itu, pihaknya juga sudah memetakan daerah rawan yang memerlukan perlakuan khusus guna mencegah terjadinya gempa bumi. Nantinya, penggalian sumur-sumur akan dilakukan di beberapa titik tersebut.

"Di tempat-tempat tertentu akan kita treatment. Tiap kelurahan mungkin akan kita buat kayak sumur-sumur. Berikutnya di daerah-daerah saya akan buat lebih banyak taman dan hutan kota," ujarnya.

Baca Juga: Surabaya Juga Dilewati Patahan Aktif, Ini Titiknya

Berita Terkini Lainnya