PT Pertamina Distribusikan Sejuta Tabung Gas Melon di Jawa Timur

Warga diminta membeli di pangkalan resmi Pertamina

Malang, IDN Times - Elpiji 3 kilogram atau gas melon mengalami kelangkaan di beberapa wilayah di Jawa Timur. Kelangkaan juga terjadi di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu. Hal ini membuat warga dan pengusaha kecil mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Menjawab hal tersebut, PT Pertamina akan mendistribusikan sejuta gas melon di Jawa Timur. Ini dilakukan agar pasokan gas untuk masyarakat miskin ini terkendali kembali.

1. Pertamina akan mendistribusikan sebanyak 1.023.511 tabung selama seminggu

PT Pertamina Distribusikan Sejuta Tabung Gas Melon di Jawa TimurIlustrasi stok gas LPG 3Kg. (Dok. PT Pertamina)

Area Manager Communication Relation and CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi mengatakan kalau mereka akan mendistribusikan 1.023.511 tabung gas elpiji 3 kilogram di wilayah Jawa Timur. Distribusi dilakukan sejak tanggal 25 Juli 2023 sampai 31 Juli 2023. Ini dilakukan untuk menanggulangi kelangkaan gas melon di masyarakat Jawa Timur.

Distribusi akan disetorkan pada 31.462 pangkalan pengisian gas elpiji untuk mengatasi panic buying di masyarakat. Sehingga tidak ada masyarakat yang memborong gas melon, termasuk meminimalisir adalah oknum-oknum yang melakukan penimbunan.

"Tambahan pasokan ini diharapkan memberikan rasa tenang masyarakat. Sekaligus meredakan isu elpiji di beberapa kota/kabupaten di Jawa Timur," terangnya saat dikonfirmasi pada Kamis (27/07/2033).

2. Pertamina sebut kalau gas melon jumlahnya melimpah di pangkalan resmi

PT Pertamina Distribusikan Sejuta Tabung Gas Melon di Jawa TimurIlustrasi penambahan kuota gas LPG 3 kilogram. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Ahad menjelaskan kalau saat ini warga sudah bisa menukarkan gas melon miliknya di pangkalan resmi yang ditunjuk PT Pertamina, pasalnya pasokan di sana saat ini melimpah. Oleh karena itu, ia mengharapkan masyarakat tidak lagi membeli gas di kios-kios tidak resmi.

"Seluruh kota/kabupaten se-Jawa Timur mendapatkan tambahan pasokan LPG. Namun jumlahnya berbeda-beda sesuai dengan peningkatan permintaan di wilayah masing-masing," jelasnya.

Ia juga menjelaskan kalau keputusan Menteri ESDM No. 37.K/MG.01/MEM.M/2023 tanggal 27 Februari 2023 dalam rangka subsidi  elpiji tepat sasaran, bahwa pembelian LPG oleh individu yang termasuk kelompok konsumen penerima subsidi elpiji dilakukan di pangkalan resmi Pertamina. 

"Saat ini berdasarkan aturan terbaru, elpiji 3 kilogram hanya boleh dikonsumsi oleh Rumah Tangga Prasejahtera, UMKM, Nelayan Sasaran dan Petani Sasaran," tuturnya.

3. Tata cara membeli gas elpiji di pangkalan resmi yang ditunjuk Pertamina

PT Pertamina Distribusikan Sejuta Tabung Gas Melon di Jawa TimurIlustrasi tabung gas LPG 3 kilogram subsidi Pertamina. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Ia juga menjelaskan simulasi pembeli bagi warga masyarakat yang berhak mendapatkan elpiji 3 kilogram subsidi cukup datang ke pangkalan dengan menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam KTP. Kemudian data akan diinput kedalam website subsiditepat.mypertamina.id/LPG yang terkoneksi kedalam database dari Pensasaran Percepatan Penanganan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) milik Kementerian Sosial. 

Apabila pemilik KTP tercantum maka akan langsung dilayani pembelian LPG 3Kg dan tidak perlu membawa KTP untuk transaksi selanjutnya apabila hafal NIK-nya. Namun apabila NIK tidak terdata, maka akan diminta data tambahan dan selama fase sosialisasi dan pendataan masih akan terus dilayani, namun setiap pembelian harus membawa KTP untuk dilakukan pencatatan oleh pangkalan dan verifikasi atau pemutakhiran data oleh Kemenko PMK atau instansi terkait subordinat di bawahnya.

"Untuk informasi mengenai lokasi pangkalan terdekat, warga masyarakat dapat menghubungi Call Center Pertamina 135 dan Call Center ESDM 136," pungkasnya.

Baca Juga: Elpiji 3 Kg, Khofifah: Gasnya Ada, Tabungnya Langka!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya