TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Satu Cakada Positif COVID-19 Daftar di KPU Kabupaten Sidoarjo

Ia sudah berstatus positif sejak mendaftar di KPU

Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sidoarjo, IDN Times - Salah satu calon kepala daerah yang terpapar COVID-19 diketahui berasal dari Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua KPU Sidoarjo M Iskak. Calon kepala daerah ini lah yang sempat mendatangi KPU meski dirinya sudah mengetahui terkonfirmasi positif COVID-19.

1. Calon sudah berstatus positif COVID-19 sejak mendaftar di KPU

Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Iskak menjelaskan, calon ini mendaftarkan diri di KPU Sidoarjo pada Jumat (4/9/2020). Ketika mendaftar, pihak KPU masih belum mengetahui bahwa ia positif COVID-19 sehingga calon tersebut sempat memasuki kantor KPU selama beberapa saat.

"Kan kami gak langsung buka dokumen semuanya. Masih proses. Lalu saat diperiksa, ternyata hasil tes swab PCR-nya positif. Kemudian kami minta tolong kepada Partai Politik untuk meminta yang bersangkutan meninggalkan KPU," ujar Iskak saat dihubungi IDN Times, Selasa (8/9/2020).

Baca Juga: Satu Cakada di Jatim Positif COVID-19, Datang ke KPU Saat Daftar

2. Tes swab PCR kedua tetap positif COVID-19

Ilustrasi Tes Usap/PCR Test. IDN Times/Hana Adi Perdana

Calon kepala daerah ini pun sempat mengikuti tes swab PCR di RSUD Dr Soetomo bersama dengan pasangan calon lainnya dari 6 daerah di Jatim pada Senin (7/9/2020). Kemudian dari hasil tes swab kedua tersebut, diketahui bahwa calon ini masih berstatus positif COVID-19.

"Sekitar jam 12 malam kemarin sudah kami terima. Hasilnya positif COVID-19," tuturnya.

3. Calon lainnya negatif COVID-19

Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Iskak kemudian mengatakan bahwa calon lainnya berstatus negatif COVID-19. Sehingga, COVID-19 belum sempat menular kepada orang lain, termasuk pasangannya sendiri. Sementara empat calon atau dua pasangan lainnya juga negatif COVID-19.

"Yang lainnya alhamdulillah negatif," sebutnya.

Tiga pasangan calon kepala daerah di Sidoarjo yaitu Bambang Haryo Soekartono-Taufiqulbar dan Kelana Aprilianto-Dwi Astutik yang mendaftar di KPU Sidoarjo pada Jumat (4/9/2020), serta Ahmad Muhdlor Ali-Subandi yang mendaftar pada Minggu (6/9/2020).

Baca Juga: Setelah Tes Swab Ulang, Satu Lagi Cakada di Jatim Positif COVID-19

Berita Terkini Lainnya