TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Peringati Peristiwa Yamato, Risma Ingatkan Anak-anak Soal Perang Lain

Dia sengaja mengundang anak-anak SD pada acara tersebut

IDN Times/Fitria Madia

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini sedang memiliki hajatan peringatan sejarah bangsa Indonesia yang terjadi di Kota Surabaya. Pagi tadi, ia memimpin orasi pada acara teatrikal perobekan bendera merah putih biru menjadi merah putih di Hotel Majapahit (dulu Yamato), Rabu (19/9). Dengan lantang, Risma membakar semangat para anak-anak muda dan anak-anak kecil yang turut menjadi penonton aksi teatrikal.

1. Membakar semangat pantang menyerah

IDN Times/Fitria Madia

Risma menuturkan bahwa peringatan ini memiliki tujuan khsus untuk anak-anak Surabaya. Melalui teatrikal dan puisi orasi yang ia bacakan, Risma ingin mengobarkan semangat anak-anak Surabaya agar mereka tidak kenal rasa takut dan menyerah. "Makanya saya undang anak-anak," tuturnya. Memang acara tersebut bisa dibilang didominasi oleh anak-anak. Terlihat lautan murid SD yang masih mengenakan seragam merah putih memadati Jalan Tunjungan.

Risma mengaku dirinya terkejut dengan antusiasme anak-anak yang cukup tinggi. Awalnya ia mengira anak-anak akan meremehkan peringatan peristiwa bersejarah tersebut. Namun nyatanya, anak-anak memperhatikan adegan tiap adegan teatrikal dengan seksama. "Saat perobekan mereka lucu banyak teriak-teriak. Artinya semangat itu sudah terbentuk di anak-anak," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Musim Hujan, Risma Tambah Kapasitas Pompa Air

2. Perang juga akan dihadapi anak-anak

IDN Times/Fitria Madia

Meskipun kini Indonesia tak lagi dijajah, namun Risma menekankan bahwa pantang menyerah tetap harus dijaga. Hal ini lantaran anak-anak tersebut akan menghadapi "perang" juga berupa kebodohan dan kemiskinan. Oleh karena itu, anak-anak harus berani dan tak kenal menyerah untuk melawan kebodohan dan kemiskinan. "Dengan segala keterbatasan pemuda tadi naik dan merobek bendera. Saat itu resikonya nyawa. Seperti sekarang ini yang mau ditanamkan kepada anak-anak kita," jelasnya.

Baca Juga: Haru, Warga Surabaya Peringati Perobekan Bendera di Hotel Yamato

Berita Terkini Lainnya