Pabrik Plastik di Gresik Hangus Terbakar

Penyebab kembaran masih diselidiki

Gresik, IDN Times- Kebakaran terjadi di PT Gunung Agung Sentosa, Jalan Raya Kepatihan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Senin (31/7/2023) siang. Kobaran api yang menghanguskan sebagian besar bangunan menimbulkan asap hitam tebal membubung tinggi ke atas. Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun, akibat kebakaran itu membuat karyawan pabrik panik dan semburat.

1. Proses pemadaman juga mendapat bantuan dari Damkar Pos Pakal Surabaya.

Pabrik Plastik di Gresik Hangus TerbakarPabrik plastik di Gresik terbakar. Dok Istimewa

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik, Agustin Halomoan Sinaga membenarkan peristiwa itu. Sebanyak 20 personel beserta armada pemadam kebakaran atau damkar dikerahkan untuk memadamkan api. Proses pemadaman juga mendapat bantuan dari Damkar Pos Pakal Surabaya.

"Benar, kebakaran terjadi di PT Gunung Agung Sentosa, Kepatihan Industri 1 Nomor 78. Personel dan armada damkar sudah di lokasi untuk melakukan pemadaman," kata Agustin Halomoan Sinaga.

2. Banyaknya material yang mudah terbakar membuat api cepat membesar

Pabrik Plastik di Gresik Hangus TerbakarPabrik plastik di Gresik terbakar. Dok Istimewa

Banyaknya material yang mudah terbakar membuat kobaran api dengan cepat menyebar. Amuk si jago merah terus meluas dan menghanguskan sebagian besar bangunan. Puluhan personel masih berjibaku di lapangan untuk memastikan api benar-benar padam.

"Proses pemadaman dan pembasahan masih terus berlangsung. Terkendala suplai air tapi sudah diakali dengan menyuplai air tangki," kata Agustin Halomoan Sinaga.

3. Penyebab kebakaran masih diselidiki

Pabrik Plastik di Gresik Hangus TerbakarPabrik plastik di Gresik terbakar. Dok Istimewa

Kapolsek Menganti, AKP Inggit Prasetiyanto mengatakan, sekitar pukul 16.45 WIB api sudah bisa dikendalikan. Sementara terkait penyebab kebakaran hebat tersebut, pihaknya masih dalam penyelidikan. Mantan Kapolsek Gresik Kota itu memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut seluruh karyawan selamat. 

"Data sementara kebakaran melanda dua bangunan yang dipakai sebagai gudang penyimpanan plastik. Karena yang terbakar kebanyakan plastik, jadi api sulit dipadamkan," pungkasnya.

Baca Juga: Heboh Video Kebakaran Bandara Banyuwangi, Ternyata Begini Kejadiannya

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya