TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lagi, Bawaslu Terima Laporan Dugaan Penyalahgunaan Bantuan BNPB

Semoga kasusnya terus diusut

Ilustrasi Pilwali Surabaya 2020 (IDN Times/Mardya Shakti)

Surabaya, IDN Times - Dugaan penyalahgunaan bantuan Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) oleh Pasangan Calon Wali-Wakil Wali Kota Surabaya nomor urut 2, Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU) kembali berlanjut. Kini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Surabaya telah mengantongi laporan kedua terkait dugaan penyalahgunaan tersebut.

1. Laporan pertama soal dugaan penyalahgunaan bantuan BNPB berhenti

Dugaan penyalahgunaan bantuan BNPB oleh pasangan calon MAJU. Dokumentasi Istimewa

Koordinator Divisi, Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Surabaya Yaqub Baliyya Al Arif menyebutkan bahwa laporan pertama terkait dugaan penyalahgunaan bantuan BNPB dilaporkan oleh seorang warga. Namun, laporan tersebut tak diproses lebih lanjut karena kekurangan bukti dan tak mencukupi persyaratan formil.

"Tapi, kemudian laporan tersebut kami jadikan sebagai informasi awal untuk penelusuran berikutnya," ujar Yaqub saat dihubungi IDN Times, Selasa (1/12/2020).

Baca Juga: Lagi, Muncul Foto Dugaan Penyalahgunaan Bantuan BNPB oleh MAJU

2. Bawaslu terima laporan kedua

Foto dugaan penyalahgunaan bantuan BNPB sebagai sarana kampanye Paslon MAJU yang beredar di Whatsapp. Dok istimewa

Namun rupanya, Bawaslu kembali mendapatkan laporan serupa. Pelapor mengadukan beberapa foto dugaan penggunaan bantuan BNPB sebagai sarana kampanye untuk merebut hati masyarakat. Tetapi sampai sekarang, sosok pelapor tersebut masih belum dibuka oleh Yaqub.

"Kami memang tidak bisa memberi tahu siapa pelapornya. Tapi, laporan tersebut sudah kami terima," tutur Yaqub.

3. Terlapor adalah Lucy Kurniasari

Lucy Kurniasari di Sosialisasi Bakal Calon Walikota (24/1). IDN Times/Tarida Alif

Jika laporan sebelumnya terkendala tidak ada nama terlapor yang jelas, di laporan kedua ini terlapor sudah dicantumkan yaitu Plt Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya Lucy Kurniasari. Pasalnya, di salah satu foto terlihat Lucy memberikan bantuan BNPB kepada warga yang mengenakan kaos kampanye MAJU.

"Kalau ini terlapornya jelas. Tapi, kami tidak bisa memastikan apakah bisa lolos ke tahap berikutnya atau tidak," ungkapnya.

Baca Juga: Bawaslu Surabaya Hentikan Laporan Dugaan Penyalahgunaan Bantuan BNPB

Berita Terkini Lainnya