Demi Kakak di Rutan, Perempuan Ini Selundupkan HP di Dalam BH 

Terlacak x-ray gesss!

Surabaya, IDN Times - Ada saja cara untuk menyelundupkan ponsel ke dalam Rumah Tahanan (Rutan). Kali ini, upaya penyelundupan dilakukan warga Pakis Gunung, Surabaya berinisial JS melalui Breast Holder (BH) miliknya ke Rutan Surabaya Kelas I Medaeng, Senin (9/10/2023).

"Smartphone disembunyikan di pakaian dalam, tepatnya di sekitar bagian dada pengunjung tersebut," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono.

Percobaan penyelundupan ini bermula dari JS yang akan mengunjungi kakak kandungnya berinisial YA yang ditahan di Rutan Surabaya karena kasus pencurian. Namun, ponsel yang disimpan di pakaian dalam itu segera terlacak x-ray.

"Berhasil digagalkan petugas saat melakukan penggeledahan badan atau body scanning menggunakan x-ray," kata Heni.

Sementara itu, Karutan Surabaya Wahyu Hendrajati mengatakan berdasarkan pengakuan YA, bahwa ponsel tersebut merupakan barang pribadi. Dia meminta bantuan kepada Adik kandungnya JS untuk dibawakan dan diselundupkan ke dalam Rutan saat kunjungan tatap muka di rutan.

"Akibat dari perbuatannya, JS diberikan sanksi tidak boleh berkunjung ke Rutan Surabaya selama 60 hari ke depan, sedangkan YA warga binaan pemasyarakatan yang terlibat akan masuk sel pengasingan selama dua pekan," tegas Hendrajati. 

Hendrajati mengatakan bahwa ini adalah penggagalan ketiga yang dilakukan pihaknya dalam kurun waktu sebulan terakhir. Untuk itu, pihaknya akan terus menggencarkan penggeledahan badan secara teliti terhadap seluruh pengunjung. "Kami tidak akan mentolerir segala bentuk pelanggaran dan tindakan ilegal, kami akan berantas," pungkasnya.

Baca Juga: Penyelundupan Smartphone ke Rutan Medaeng Terbongkar

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya