Sebulan Jelang Pildun U-17 2023, GBT Dicek Lagi, Eri : Kita Buat Mural

Beres tanggal 24 Oktober 2023

Surabaya, IDN Times - Menjelang satu bulan gelaran Piala Dunia U-17 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya kembali melakukan pengecekan stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Senin (9/10/2023). Pemkot Surabaya berencana membuat mural di dinding-dinding gate GBT. 

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, pihaknya sedang melakukan pembenahan minor yang bukan menjadi atensi FIFA. Seperti pengecatan di bagian eksterior stadion. 

"Kalau yang menjadi item FIFA sudah diselesaikan. Alhamdulillah, seperti gate yang terlalu tinggi kalau ada mobil itu ada gesekan tapi sudah kita betulkan. Insyallah kita akan mengecat semua eksterior yang ada di GBT (sebagai) tambahan-tambahan," ujar Eri. Nantinya seluruh gate di GBT akan ditambah penerangan, termasuk penerangan di kamar mandi dan musala. Dengan begitu, seluruh penonton menjadi nyaman. 

"Saya pingin setiap penonton menjadi nyaman. sehingga saya minta seluruh gate itu terang. kamar mandinya juga harus bersih dan terang. ada musala diberikan karpet biar salat nya nyaman," jelasnya. 

Eri menambahkan, dirinya akan bekerjasama dengan komunitas mural untuk mempercantik tembok-tembok di setiap gate. Sehingga, stadion menjadi nyaman saat penonton masuk area stadion. 

"Ada beberapa titik yang kita juga melibatkan teman teman yang suka mural. sehingga nanti menuju setiap gate di dinding-dindingnya juga akan dimural. sehingga stadion ini menjadi nyaman, ramah, merasa nyaman ketika masuk stadion. ini menambah kelas dari GBT. Sehingga ketika suporter yang masuk juga menjaga tempat ini," ujarnya.

Dirinya menegaskan, setelah pertandingan Persebaya vs Persib pada Sabtu (7/10/2023) lalu, GBT telah steril. Tak boleh lagi ada pertandingan di GBT hingga gelaran Pildun nanti.  "Pertandingan kemarin terakhir, setelah itu steril," tegasnya. 

Pembenahan-pembenahan di GBT ditargetkan selesai pada 24 Oktober 2023 nanti. Kemudian tanggal 27 Oktober 2023, GBT akan diserahkan kepada FIFA. "Sehingga tidak ada yang boleh masuk. kecuali ada izin dari FIFA per tanggal 27, sebelum 27 kita harus fix semua," pungkas dia. 

Baca Juga: Tim Kreatif Pildun U-17 Mulai Mapping GBT Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya